Ours Café, Padukan Kue Pancong Tradisional Dalam Cita Rasa Topping Milenial Jadi Trend Anak Muda -->

code ads

Ours Café, Padukan Kue Pancong Tradisional Dalam Cita Rasa Topping Milenial Jadi Trend Anak Muda

Thursday, January 30, 2020
Kue Pancong Original dan Kue Pancong Topping Tiramisu di Ours Cafe, di Jalan Satrio Wibowo I No. 5A, Tlogosari Kulon, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang. (Foto: dok. pribadi Ours Cafe/Willy)


Semarang, beritaglobal.net – Bagi warga ibukota Jakarta, tentu tidak asing pada jajanan yang satu ini, terbuat dari santan kelapa dan tepung terigu, kue satu ini disebut kue Pancong. Seringkali di jajakan di tepi – tepi jalan, keberadaan kue pancong mudah untuk di dapat saat kita berkunjung ke Jakarta. Namun kini, trend jajanan pasar ini berubah, dikala banyak inovasi dari para anak muda kreatif dari Kota Semarang. Ditangan kreatif Willy Wisnu Broto, Kue Pancong dapat dinikmati dengan beraneka rasa dengan topping sesuai selera.

Menurut pemuda yang telah membuka Ours Café di Jalan Satrio Wibowo I No. 5A, Tlogosari Kulon, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang, sejak 2019 lalu, Kue Pancong saat ini sedang menjadi trend makanan tradisional yang digemari anak muda. Kue pancong memiliki tekstur lembut dan manis. Rasa manis yang dihasilkan kue pancong sebenarnya berasal dari topping yang menyelimuti kue pancong itu sendiri.

“Untuk memakan kue pancong dapat ditemani dengan secangkir kopi panas maupun teh hangat. Kue pancong ini awalnya berasal dari Betawi dan menjadi jajanan khas Betawi yang bertahan hingga saat ini,” ungkap Willy kepada beritaglobal.net, belum lama ini.

Dirinya, menyajikan beragam versi kue pancong, mulai dari yang original hingga ditambah dengan topping untuk menambah varian rasa kue pancong.  “Varian kue pancong yang paling sering dipesan oleh konsumen dari Ours Café adalah kue Pancong tiramisu. Kue Pancong yang lembut dan dipadukan dengan topping tiramisu yang manis dan beraroma kopi tentunya menghasilkan perpaduan kue pancong yang enak sekali dan wajar bila ini merupakan varian kue pancong yang sering dipesan oleh konsumen,” imbuhnya.

Bila kita menilik sejarah Kue Pancong, kue ini dahulunya hanya dijual dipinggir jalan dengan gerobak - gerobak dagangan yang berhenti di depan sekolah. Namun, seiring dengan berjalannya waktu kue pancong ini semakin hits dan menjadi jajanan yang naik kasta. Dimulai dari jajanan pasar hingga berubah menjadi jajanan milenial anak muda sekarang.

Kue pancong telah merambah ke dunia café. Dunia café yang sebelumnya hanya mendapatkan keuntungan dari menjual secangkir kopi saja kini semakin inovatif untuk mendapatkan pelanggan yang tidak hanya datang ke café untuk minum kopi saja.

Ide kreatif Willy, terbukti membuat Ours Café, menjadi salah satu tempat hang out anak – anak muda di Kota Semarang, yang terkenal dengan Lumpia nya. Sejak didirikan, Ours café memiliki signature menu yaitu kue pancong dan es kopi susu. Menurut Fahmi, kue pancong dipilih sebagai signature menu dari Ours Café karena mereka ingin memperkenalkan jajanan tradisional Betawi kepada masyarakat luas diluar Betawi.

“Kue pancong yang disediakan oleh Ours Café tidak hanya kue pancong biasa melainkan juga menggunakan topping-topping agar kue pancong ini tidak monoton. Saat ini di kota Semarang untuk café yang menyediakan kue pancong hanya Ours Café saja. Tentunya ini merupakan café pertama di kota Semarang yang menyediakan kue pancong khas Betawi,” ucapnya.

Willy menyebut, jika menu kue pancong di Ours Café, dapat dinikmati mulai dari kisaran harga Rp 8 ribu rupiah hingga Rp 15 ribu rupiah per porsi, tergantung dari selera topping yang dipilih konsumen. Sementara itu, untuk minuman, dirinya mematok harga yang sama.

“Saat kongkow di Ours Café, dapat menikmati kue pancong di kisaran harga Rp 8 ribu hingga Rp 15 ribu rupiah, tergantung dari varian topping yang dipilih, untuk minuman pun kita tidak jauh beda, harga minuman di tempat kami dimulai dari harga Rp 8 ribu rupiah,” tutupnya.

Kiranya, tepat ya…saat menikmati sore hari dan terlebih saat musim penghujan seperti saat ini, menikmati kue pancong di Ours Café, menjadi alternatif menikmati tempat wisata kuliner di Kota Semarang. Bagi pecinta kuliner, dapat mencicipi Kue Pancong Ours Café dari pukul 11.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. (*)




Ditulis oleh : Fahmi/Adra
Editor : Agus Subekti