Periksa Kesehatan Anggota Polres Salatiga, Kombes Pol dr Tri Yuwono Putra : “Kesehatan bukan hal yang utama tapi tanpa kesehatan tidak ada yang berarti" -->

code ads

Periksa Kesehatan Anggota Polres Salatiga, Kombes Pol dr Tri Yuwono Putra : “Kesehatan bukan hal yang utama tapi tanpa kesehatan tidak ada yang berarti"

Thursday, January 30, 2020
Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono, S.E., M.Si., mendampingi Kabid Dokkes Polda Jateng Kombes Pol dr. Tri Yuwono Putra memantau pelaksanaan pemeriksaan kesehatan berkala pada anggota Polres Salatiga di Pendopo Polres Salatiga, Kamis (30/01/2020). (Foto: dok. Humas Polres Salatiga/Djoko)


Salatiga, beritaglobal.net – Menjaga kesehatan tubuh, bagi sebagian masyarakat di seluruh dunia menjadi prioritas utama dalam setiap sendi kehidupan, seperti halnya Kepolisian Republik Indonesia (Polri), khususnya Polres Salatiga. Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono, memberikan perhatian khusus pada kondisi kesehatan seluruh jajaran Polres Salatiga. Bersama Tim Kesehatan Bid Dokkes Polda Jateng dan Urdokkes Bagsumda Polres Salatiga serta menggandeng Laboratorium IBL (Imam Bonjol Laboratorium),melakukan pemeriksaan kesehatan berkala kepada Anggota Polres Salatiga dan jajaran Polsek yang dilaksanakan di Pendopo Polres Salatiga, pada hari Kamis (30/01/2020).

Disampaikan oleh Kasubbag Humas Polres Salatiga AKP Imam Djoko Lelono kepada beritaglobal.net, Kamis (30/01/2020), Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono, S.E., M.Si., mendampingi Kabid Dokkes Kombes Pol dr Tri Yuwono Putra menyampikan bahwa  tujuan pemeriksaan kesehatan secara berkala dalam kegiatan Apel, sebelum pemeriksaan kesehatan rutin kepada anggota Polres Salatiga, dilaksanakan.

Dalam pengarahannya, Kombes Pol dr. Tri Yuwono Putra melalui AKP Imam Djoko Lelono menyampaikan tujuan pemeriksaan rutin ini adalah untuk memeriksa secara dini kondisi kesehatan seluruh personil Polres Salatiga, karena semakin awal suatu penyakit diketahui, maka semakin cepat proses penanganannya.

“Bila suatu penyakit di tubuh kita diketahui sejak dini, sehingga tidak menjadi kronis dan berdampak buruk kepada anggota tersebut,”  jelas AKP Imam Djoko Lelono menirukan pengarahan awal Kombes Pol dr. Tri Yuwono Putra.  Sedangkan personil yang telah mendaftar untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan sejumlah 150 Personel, namun apabila ada yang berkeinginan melakukan pemeriksaan kesehatan tetap dilayani,  jelasnya.

Disampaikan lagi oleh dr. Tri Yuwono Putra melalui AKP Imam Djoko Lelono, bahwa masih banyak Personel Polres Salatiga, yang enggan memeriksakan kondisi kesehatannya sejak dini. Dari kondisi ini, seringkali kita dengar ada anggota Polres Salatiga yang meninggal mendadak, untuk mendeteksi dini kondisi kesehatan anggota, pemeriksaan kesehatan secara rutin, dilaksanakan. “Pemeriksaan ini juga dibiayai oleh dinas dan merupakan hak semua anggota, lebih baik mengetahui kondisi kesehatan sejak dini, karena kesehatan bukan hal yang utama tapi tanpa kesehatan tidak ada yang berarti," jelasnya.

Adapun pemeriksaan kesehatan di periode tahun ini, di titik beratkan pada pemeriksaan tekanan darah, EKG, treadmill, kondisi kesehatan gigi, tes darah dan urin.

Menyambung pengarahan Kabid Dokkes Kombes Pol dr Tri Yuwono Putra, Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono, S.E., M.Si., mengatakan, pemeriksaan kesehatan personel secara berkala ini adalah sebagai deteksi dini kesehatan anggota. Selain itu, sebagai rekomendasi pimpinan dalam penempatan anggota sesuai dengan kondisi kesehatannya dan sebagai rujukan kepada anggota yang akan mengikuti Dikbang karier atau spesialis, ungkap AKBP Gatot Hendro Hartono, kepada beritaglobal.net, melalui AKP Imam Djoko Lelono.

Dikatakan lebih lanjut oleh AKP Imam Djoko Lelono, bahwa Kabid Dokkes menekankan untuk setiap personel Polri untuk tidak takut dan ragu, memeriksakan kondisi kesehatannya, karena deteksi dini lebih berarti untuk mengambil langkah – langkah tindakan penanganan lebih lanjut. “Jangan takut untuk memeriksakan kesehatan, karena kesehatan perlu diketahui sejak dini guna pengambilan langkah-langkah penanganan lebih lanjut,”  pesan Kabid Dokkes disela - sela memantau pelaksanaan pemeriksaan kesehatan.  (Fera Marita)