Polres Salatiga Peduli Penghijauan, Tanam 1.000 Bibit Pohon Turut Sukseskan Program Polda Jateng Go Green -->

code ads


Polres Salatiga Peduli Penghijauan, Tanam 1.000 Bibit Pohon Turut Sukseskan Program Polda Jateng Go Green

Saturday, January 18, 2020
Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono, S.E., M.Si., membantu Ketua Cabang Bhayangkari Polres Salatiga Ny. Ratna Gatot Hendro Hartono, menanam bibit pohon setelah pimpin Apel Penanaman 1.000 Bibit Pohon di Lapangan Bhayangkara, Polres Salatiga, Sabtu (18/01/2020). (Foto: dok. Humas Polres Salatiga/Jeck)

Salatiga, beritaglobal.net - Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono, S.E., M.Si., bersama Ketua Bhayangkari Cabang Salatiga Nyonya Ratna Gatot Hendro Hartono, memimpin apel penanaman 1.000 bibit pohon, dalam rangka memperingati hari Gerakan Satu Juta Pohon tahun 2020, Polri Peduli Lingkungan untuk mensukseskan Program Polda Jateng Go Green Satu Juta Lima Ratus Pohon di Jawa Tengah, Sabtu (18/01/2020).

AKBP Gatot Hendro Hartono melalui Kasubbag Humas Polres Salatiga AKP Imam Djoko Lelono, menyampaikan bahwa untuk turut serta mensukseskan Program Polda Jateng Go Green Satu Juta Lima Ratus Pohon di Jawa Tengah,  Polres Salatiga beserta Polsek Jajaran, menggandeng Mahasiswa UKSW asal Papua dan Waraga IKAMPI (Ikatan Keluarga Papua Indonesia Salatiga.

Dalam amanatnya saat memimpin apel di Lapangan Bhayangkara Polres Salatiga, Kapolres melalui Kasubbag Humas Polres Salatiga kepada beritaglobal.net, Sabtu (18/01/2020), dalam releasenya menyampaikan, "Dalam hal ini, saya juga melibatkan adik - adik Mahasiswa asal Papua dengan maksud dan tujuan, Mahasiswa sebagai generasi pemuda penerus bangsa juga wajib turut serta dalam melestarikan lingkungan salah satunya adalah penanaman pohon," ungkap AKBP Gatot Hendro Hartono melalui AKP Imam Djoko Lelono.

Selanjutnya, orang nomor satu di Polres Salatiga tersebut, mengatakan jika setelah Apel, mahasiswa UKSW asal Papua juga akan diberi tanaman yang bisa ditanam di are kos - kosan dan di UKSW. "Kita berharap tanaman yang kita tanam berjumlah 1.000 bibit pohon dapat hidup di lingkungan yang kita. Dalam rangka penghijauan dan pesan saya jangan ditebang karena akan merusak ekosistem yang ada disekitar kita," imbuh AKBP Gatot Hendro Hartono.

Disampaikan AKP Imam Djoko Lelono, bahwa diakhir amanatnya, Kapolres berpesan kepada adik - adik mahasiswa UKSW asal Papua dan jajaran polres Salatiga, agar tanaman tersebut untuk dirawat sehingga 2 tahun kemudian baru akan bisa kita nikmati hasilnya.

Jenis Pohon Buah 

Adapun jenis bibit pohon yang ditanam adalah kelompok tanaman buah - buahan yaitu Mangga, Jambu, Jeruk dan Durian yang berjumlah kurang lebih 1.000 batang pohon.

Ditambahkan Kasubbag Humas Polres Salatiga AKP Imam Djoko Lelono, dalam rangkaian Apel Penanaman 1.000 bibit pohon, Kapolres Salatiga menyerahkan secara simbolis bibit pohon untuk ditanam di seputar Mako Polres dan Aspol Kepatihan I, diterima oleh Kabag Sumda Polres Salatiga Kompol Taufik. Mako Sat Lantas, asrama Sat Lantas dan Asrama Blauran diterima oleh Kasat Lantas Polres Salatiga AKP Heri Sumiarsa.

"Untuk di tanam dilingkungan Mapolsek, bibit pohon buah telah diserah terimakan kepada masing - masing Kapolsek. Polsek Tingkir diterima oleh Kapolsek Tingkir Kompol Parwanto, S.H., M.H., Polsek Sidomukti diterima oleh Kapolsek Sidomukti Kompol Edy Suharyanto, Polsek Sidorejo diterima oleh Kapolsek Sidorejo AKP Harjan Widodo, Polsek Argomulyo diterima oleh Kapolsek Argomulyo AKP Zazid, S.H., M.H.," imbuh AKP Imam Djoko Lelono.

Sedangkan untuk bibit tanaman yang diserahkan kepada mahasiswa Papua diterima oleh 3 perwakilan mahasiswa  Papua Ester Naomi, Velix dan Jackson. Ketua IKAMPI Abner Sundoy, menerima secara simbolis bibit pohon dari AKBP Gatot Hendro Hartono, S.E., M.Si.

Kegiatan Apel penanaman pohon yang berakhir sekira pukul 09.45 WIB, dihadiri oleh Ketua Cabang Bhayangkari Polres Salatiga Ibu Ratna Quratul Ainy, Wakapolres Salatiga Kompol Krsitanto Budi Nursetya, S.Sos., Nyonya Delvi Kristanto Budi Nursety, Para Kabag dan Kasat Polres Salatiga, Kapolsek Jajaran Polres Salatiga, Pama Polres Salatiga, Dekan Fiskom UKSW Dr. Ir. Royke R. Siahaanemia, Anggota Polres Salatiga, Pengurus Bhayangkari Cabang Salatiga, Ketua IKAMPI Abner Sundoy dan lebih kurang 55 Mahasiswa UKSW dari Papua. (Fera Marita)