Ratusan Pendekar Muda Grobogan, Unjuk Kemampuan Dalam Kejurcab 1 Pencak Silat NU Pagar Nusa 2020 -->

code ads

Ratusan Pendekar Muda Grobogan, Unjuk Kemampuan Dalam Kejurcab 1 Pencak Silat NU Pagar Nusa 2020

Saturday, January 25, 2020
Pertunjukan seni menggunakan tongkat oleh salah satu peserta Kejurcab 1 Pencak Silat NU Pagar Nusa 2020 di hadapan Sekda Kabupaten Grobogan, Forkopinda Grobogan, Ketua Panitia serta tamu undangan yang hadir di GOR Bung Karno, Simpang Lima Purwodadi, Jumat (24/01/2020). (Foto: dok. istimewa/Agus)

Purwodadi, beritaglobal.net - Ratusan pendekar muda Grobogan, berlomba unjuk kemampuan seni bela diri silat dan tanding pencak silat dalam Kejurcab 1 Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Grobogan 2020 di Gor Bung Karno, Simpang Lima Purwodadi, sejak hari Jumat (24/01/2020) hingga hari Minggu (26/01/2020) mendatang.

Acara Kejurcab 1, dibuka oleh Bupati Grobogan yang diwakili oleh Sekda Kabupaten Purwodadi Dr. Ir. H. Moh. Sumarsono, M.Si., dan dihadiri pula oleh Kapolres Grobogan yang diwakilkan Wakapolres Grobogan Kompol Dwi Hendro, P., Dandim 0717/Purwodadi diwakili oleh Danramil Kota Kapten Mujiyono, serta segenap tokoh masyarakat dan tokoh agama Kabupaten Grobogan.

Gus Jibril (kedua dari kanan) berfoto bersama pengurus Wilayah Pagar Nusa Jawa Tengah dan tokoh NU Kabupaten Grobogan. (Foto: dok. istimewa/Agus)

Saat dikonfirmasi beritaglobal.net, seusai acara pembukaan, Jumat (24/01/2020) sore, Ketua Panitia Kejurcab 1 Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Grobogan 2020, Gus Jibril (45), yang juga pengasuh ponpes Ki Ageng Serang, menyampaikan bahwa acara ini adalah bahian dari penjaringan atlet untuk dipersiapkan mengikuti Popda tahun mendatang.

"Peserta kurang lebih 300 atlet dari 23 padepokan se Kabupaten Grobogan, diharapkan dapat meningkatkan prestasi olah raga pencak silat di Kabupaten Pirwodadi. Dari raihan medali perak di Kejurnas tahun lalu, menjadi dapat medali emas," imbuh Gus Jibril.

Sementara itu, secara terpisah, Sekda Kabupaten Grobogan Dr. Ir. H. Moh. Sumarsono, M.Si., mengapresiasi Kejurcab 1 Pencak Silat NU Pagar Nusa karena dengan ini generasi muda pagar nusa dapat menyalurkan bakatnya.

"Kami sarankan untuk padepokan - padepokan silat dapat mengikuti event ini dan mengevaluasi apa yang telah di latihkan di organisasi. Serta jika bisa, event seperti ini jangan berhenti, di tahun - tahun mendatang harus tetap diadakan," ungkap Sumarsono.

Sekda menghimbau kepada para pemuda di Kabupaten Grobogan, agar dapat memanfaatkan waktu untuk hal - hal positif. "Salah satunya mengikuti olah raga dan mengembangkan diri untuk meraih prestasi," jelas Sumarsono.

Sekda Kabupaten Grobogan Dr. Ir. H. Moh Sumarsono, M.Si., (berbaju batik) didampingi Wakapolres Grobogan dan Danramil Kota Purwodadi membuka acara Kejurcab 1 Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Grobogan 2020. (Foto: dok. istimewa/Agus)
Acara Kejurcab Pencak Silat NU Pagar Nusa, tidak hanya diselenggarakan di Kabupaten Grobogan, namun juga telah diselenggarakan berkala di wilayah Kabupaten Semarang, Karisedenan Surakarta dan daerah - daerah lain, seperti dijelaskan oleh perwakilan Pengurus Wilayah Pagar Nusa Jawa Tengah, yang juga Ketua Pagar Nusa Kabupaten Semarang Gus Rofani.

"Di Kabupaten Semarang sudah rutin diselenggarakan acara seperti ini. Disana bulan Oktober 2019 lalu, dan saat ini juga sedang berlangsung kejuaraan pencak silat di Karesidenan Surakarta,: ucap Gus Rofani. (Agus Subekti)