Ratusan Prajurit Wing 1 Korpaskhas TNI AU Ikuti Terjun Penyegaran di Lanud Suryadarma -->

code ads


Ratusan Prajurit Wing 1 Korpaskhas TNI AU Ikuti Terjun Penyegaran di Lanud Suryadarma

Wednesday, January 29, 2020
Para peterjun sedang melaksanakan penerjunan dari pesawat Hercules C-130 di Runway Grass Trip Lanud Suryadarma. (Foto : dok. Pen SDM)

   
Subang, beritaglobal.net – Dalam rangka memelihara kecakapan, meningkatkan kemampuan dan profesionalisme Prajurit Paskhas, TNI Angkatan Udara, menyelenggarakan kegiatan penerjunan selama 2  hari di Landasan Udara TNI AU, di Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat. Kegiatan yang dimulai pada hari  Selasa (28/01/2020) kemarin, berakhir hari ini Rabu (29/01/2020), dimana latihan penerjunan ini dilaksanakan pada pagi hari dan malam hari (terjun malam). Pasalnya Prajurit Paskhas, melaksanakan tugas operasi beserta jajarannya dalam pertahanan pangkalan / alutsista / instalasi TNI AU, pengendalian pangkalan udara depan, pengendalian tempur, dan SAR tempur serta operasi lain sesuai kebijakan Panglima TNI.

Dalam release diterima beritaglobal.net, Rabu (29/01/2020) dari Kapen Lanud Suryadarma, Letkol Gerardus Maliti, S.Sos., M.Si., bahwa Komandan Wing 8 Lanud Suryadarma, Kolonel Pnb Khairun Aslam, mewakili Komandan Lanud Suryadarma Marsma TNI I Wayan Sulaba, S.Sos., M.Sc., menyampaikan Terjun penyegaran (jungar) ini merupakan agenda rutin seluruh prajurit Paskhas khususnya di jajaran Wing 1 Paskhas yang dilaksanakan di Lanud Suryadarma. “Tujuannya adalah  untuk memelihara kecakapan,   meningkatkan kemampuan dan profesionalisme Prajurit Paskhas  agar selalu siap menghadapi tugas-tugas latihan ataupun operasi dalam setiap penugasan,” jelasnya saat melihat penerjunan di Runway Grass Trip Lanud Suryadarma.

Adapun sasaran latihan terjun payung kali ini adalah untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan serta ketrampilan prajurit dalam menerapkan Prosedur Terjun Statik dan Free Fall, serta bentuk kesiapan dan kemampuan satuan dalam pelaksanaan pembinaan latihan satuan serta meningkatkan rasa percaya diri pada anggota untuk melaksanakan penerjunan, seperti dijelaskan terpisah oleh Komandan Wing 1 Paskhas Kolonel Pas Visnu Hermawan, S.E., M.M.
“Ini adalah program dari Komando atas dan diwajibkan seluruh anggota Paskhas yang berada di Wing 1 Paskhas untuk latihan terjun penyegaran,” tegas Kolonel Pas Visnu Hermawan yang juga Alumni AAU 95 ini.

Ditambahkannya, dalam program latihan selama dua hari, melibatkan 602 peterjun, yang diterjunkan dari pesawat Hercules C-130 TNI AU dari Skadron Udara 31, dengan nomor registrasi A-1317 di Runway Grass Trip, Landasan Udara (Lanud) Suryadarma.  Para peterjun, diturunkan dari ketinggian 1.500 feet, diatas permukaan tanah. Latihan penerjunan ini, dipimpin langsung oleh Danwing 1 Paskhas/Harda Marutha, yang merupakan satuan setingkat Resimen/Brigade di bawah komando Korps Pasukan Khas TNI AU, dan bermarkas di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. (Agus Subekti/JH)



Sumber : Kapen Lanud Suryadarma