Safari Kamtibmas ke Sejumlah Gereja, AKBP Gatot Berpesan : "Keamanan dimulai dari tingkat rumah tangga" -->

code ads


Safari Kamtibmas ke Sejumlah Gereja, AKBP Gatot Berpesan : "Keamanan dimulai dari tingkat rumah tangga"

Sunday, January 5, 2020
Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono, S.E., M.Si., didampingi Kapolsek Argomulyo AKP Moch Zazid, S.H., M.H., menyalami Jema'at, selepas memberi pesan - pesan Kamtibmas di wilayah Kecamatan Argomulyo. (Foto: dok. Humas Polres Salatiga)

Salatiga, beritaglobal.net - Menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), menjadi bagian dari tugas Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Salah satu upaya untuk lebih meningkatkan kamtibmas di wilayah hukum Polres Salatiga, adalah dengan melakukan tatap muka dengan jama'at gereja - gereja di tingkat kecamatan.

Demikian disampaikan Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono, S.E., M.Si., dalam release tertulisnya kepada beritaglobal.net, Minggu (05/01/2020), melalui Kasubbag Humas Polres Salatiga AKP Imam Joko Lelono.

"Agenda sambang dan kunjungan ke gereja - gereja di tingkat kecamatan karena ingin mengenal lebih dekat dengan masyarakat maupun jama'at di tingkat kecamatan," ungkap orang nomor satu di Polres Salatiga, melalui AKP Imam Joko Lelono.

Dalam rangkaian safari kamtibmas pada hari Minggu (05/01/2020) pagi tadi, AKBP Gatot Hendro Hartono, mengunjungi sejumlah gereja di Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, dengan didampingi oleh Kapolsek Argomulyo AKP Moch Zazid, S.H., M.H., sementara itu, saat Kapolres Salatiga berkunjung ke gereja - gereja di wilayah Kecamatan Tingkir, Kapolres didampingi oleh Kapolsek Tingkir Kompol Parwanto, S.H., M.H. Turut bersama rombongan Kapolres adalah Ketua Badan kerjasama Gereja - Gereja Kota Salatiga (BKGS) Pendeta Purwanto, M.Si., Kasat Intelkam Polres Salatiga AKP Santosa.

"Saat berkunjung ke beberapa gereja tersebut, Kapolres di terima langsung oleh Pendeta dan pengurus di masing - masing gereja. Seluruh Pendeta, yang menerima kunjungan Kapolres beserta rombongan, tadi menyampaikan rasa terima kasihnya atas perhatian dari Kapolres Salatiga, untuk memberikan pesan - pesan Kamtibmas dihadapan para jema'at," imbuh AKP Joko.

Dijelaskan lebih lanjut oleh AKP Imam Joko Lelono, secara berurutan sejak sekira pukul 06.00 hingga pukul 08.30 WIB, setelah gereja GBT di Noborejo, AKBP Gatot Hendro Hartono menyambangi Gereja GPI (Gereja Penyebaran Injil) Meican, Kelurahan Gendongan, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga. GKJ (Gereja Kristen Jawa) Salatiga Timur dan GBI (Gereja Bethel Indonesia (GBI Bukit) di Jalan Argobogo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga.

Pesan Kamtibmas Kapolres Salatiga

Selain ingin bertatap muka langsung dengan tokoh - tokoh gereja dan jema'at, pesan Kamtibmas yang disampaikan Kapolres Salatiga adalah bahwa Kamtibmas yang mana keamanan dimulai dari tingkat rumah tangga,  tingkat RT, RW, Kelurahan, Kecamatan dan nantinya tentu pada tingkat Kota Salatiga.

"Pesan kami yang terakhir selaku pimpinan Polres Salatiga, mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak ibu atas kesediannya serta peran sertanya menjaga Kamtibmas di kota Salatiga ini, mari kita jaga bersama dan kita pertahankan predikat Kota Salatiga, sebagai Kota tertoleran No 2 se Indonesia dan mudah - mudahan tahun 2020 menjadi Kota tertoleran No 1 se Indonesia," harap Kapolres Salatiga.

AKBP Gatot, dalam tiap kunjungannya menghimbau kepada para Jema'at dan pengurus gereja untuk dapat bersama - sama menjaga kondusifitas, toleransi, dan memupuk serta dibina untuk mewujudkan Kota Salatiga yang toleran aman tertib dan damai.

"Kami tidak dapat bekerja secara maksimal tanpa dukungan bapak ibu semua, sehingga sangat penting adanya sinergitas dari semua elemen masyarakat di Kota Salatiga," tandas Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono, S.E., M.Si. (*)




Ditulis oleh Fera Marita
Editor Agus Subekti