Satgas KDEI Taiwan, Berikan Sosialisasi Tentang Virus Corona Pada Pekerja Migrant Indonesia -->

code ads


Satgas KDEI Taiwan, Berikan Sosialisasi Tentang Virus Corona Pada Pekerja Migrant Indonesia

Wednesday, January 29, 2020

 
Sosialisasi pencegahan penyebaran Novel Corona Virus (2019-nCoV) oleh Satgas Ketenagakerjaan KDEI Taiwan kepada Pekerja Migrant Indonesia (PMI), di Pelabuhan Fujikang Tamsusi, Taipei, Selasa (28/01/2020). (Foto: dok. istimewa/Siswanto)
Taipe, beritaglobal.net - Kantor Dagang Dan Ekonomi Indonesia Taiwan, selaku perwakilan pemerintah Indonesia gencar memberikan himbauan kepada warga negara Indonesia yang saat ini berada di Taiwan untuk mengantisipasi penyebaran pandemik Novel Corona Virus (2019-nCoV), yang sampai saat ini belum di temukan obatnya. Telah marak dipublikasikan bahwa Virus ini cukup membuat kepanikan yang luar bisa di daratan Cina dan telah ada ratusan orang terindikasi terinfeksi Virus Corona.

Untuk mengantisipasi dan melindungi kesehatan warga negara Indonesia yang saat ini bekerja sebagai pekerja migrant di Taiwan, KDEI melalui satgas Ketenagakerjaan, secara aktif memberikan pemahaman dan sosialisasi terkait penyebaran Virus Corona. Seperti telah diadakan sosialisasi terkait bagaimana mengantisipasi penyebaran Virus Corona oleh KDEI melalui Satgas Ketenagakerjaan, di Pelabuhan Fujikang Tamsusi, Taipei, Selasa (28/01/2020) kemarin.

Kepada beritaglobal.net, Suma, pekerja migrant asal Cirebon yang menjabat sebagai Pembina di organisasi Pantura, serta mantan satgas periode 2018 – 2019, menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi terkait tindakan pencegahan dini penyebaran Virus Corona, adalah instruksi dari Kepala Bidang Ketenagakerjaan KDEI Taipe, Purwanti Uta Djara. “Kami diminta untuk membantu memantau dan menginformasikan kepada KDEI Taipei, apabila mendapati PMI (Pekerja Migran Indonesia) yang di duga terpapar virus secara langsung,” ungkap Suma.

Meneruskan pesan dari Kabid Ketenagakerjaan KDEI Taipei, Suma menambahkan bahwa untuk rekan – rekan PMI juga dihimbau agar tetap tenang dan tidak menyebarkan informasi yang belum terkonfirmasi kebenarannya. Ditambahkannya, bahwa pada saat memberikan informasi terkait tindakan preventif penyebaran Virus Corona, Suma menyebutkan, PMI dihimbau untuk sering mencuci tangan menggunakan sabun, mengenakan masker bila menderita batuk dan pilek, konsumsi gizi berimbang serta perbanyak makan buah dan sayur, berhati – hati saat melakukan kontak dengan hewan, rajin olah raga dan istirahat cukup, hindari mengkonsumsi daging yang tidak dimasak, bila menderita batuk pileg dan ada gejala sesak nafas, segera mendatangi fasilitas kesehatan terdekat untuk pemeriksaan kondisi kesehatan.

“Selain upaya pencegahan dini, untuk rekan – rekan yang akan melakukan perjalanan di Cina, disarankan untuk menggunakan masker saat di kerumunan orang, apabila mengalami sakit pernafasan selama di Cina atau setelah kembali ke tanah air, hubungi petugas kesehatan dan sampaikan riwayat perjalanan, serta tidak disarankan untuk mengunjungi pasar hewan,” ungkap Suma menyampaikan himbauan dari KDEI Taipei.

Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan adanya warga negara Indonesia di Taiwan, PMI yang terpapar penyebaran Virus Corona. (Siswanto)