Tanamkan Rasa Cinta Tanah Air Dengan Menjaga Lingkungan Hidup, Satgas Yonif 411/Pdw Kostrad Edukasi Siswa SD di Wilayah Binaan -->

code ads

Tanamkan Rasa Cinta Tanah Air Dengan Menjaga Lingkungan Hidup, Satgas Yonif 411/Pdw Kostrad Edukasi Siswa SD di Wilayah Binaan

Wednesday, January 29, 2020
Satgas Pamtas Pos Bupul 13 dari Yonif MR 411/Pdw Kostrad, memberikan contoh membuang sampah yang baik kepada siswa SD Inpres Bupul 13, di Kampung Kirely, Distrik Ulilin, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, pada hari Kamis (30/01/2020), dipimpin oleh Komandan Pos Bupul 13 Letda Inf Yusuf Khoirudin, S.Tr. (Han)., bersama dengan 5 personel anggotanya. (Foto: dok. Papen Satgas Yonif MR 411/Kostrad - Asep)


Merauke, beritaglobal.net — Peran Satuan Tugas Penjaga Keamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan hidup, dimulai dengan memberikan edukasi kepada siswa di sekolah dasar. Seperti yang dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonif Mekanik Raider 411/Pdw Kostrad, memberikan pembelajaran bagaimana memelihara lingkungan hidup dengan mengelola sampah dengan semestinya. Hal ini tidak hanya, menjadi rutinitas dalam masa penugasan, namun lebih untuk berperan serta dalam membentuk karakter pelajar yang berwawasan lingkungan, khususnya mereka yang tinggal di wilayah perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Aktivitas personel Pos Bupul 13 Satgas Pamtas RI – PNG dari Yonif MR 411/Pdw Kostrad, dalam memberikan contoh dan mengajarkan kepada siswa – siswi SD Inpres Bupul 13, di Kampung Kirely, Distrik Ulilin, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, pada hari Kamis (30/01/2020), dipimpin oleh Komandan Pos Bupul 13 Letda Inf Yusuf Khoirudin, S.Tr. (Han)., bersama dengan 5 personel anggotanya.

Melalui Perwira Penerangan Satgas Yonif MR 411/Pdw Lettu Asep Saepudin, Letda Inf Yusri Khoirudin, S.Tr. (Han)., menyampaikan bahwa, dirinya beserta 5 orang anggota Pos Bupul 13, mengajarkan para siswa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekolah agar senantiasa sehat, nyaman dan indah dengan cara membuang sampah pada tempatnya.

"Mereka kita ajarkan peduli terhadap lingkungan di sekolahnya, kita arahan dan bimbing untuk selalu membuang sampah pada tempatnya, dengan lingkungan bersih, nyaman, maka akan terhindar dari segala bentuk penyakit dan membuat semangat belajar," ucap Danpos melalui Papen Yonif MR 411/Pdw Kostrad kepada beritaglobal.net, Kamis (30/01/2020).

Sementara itu, menanggapi aktivitas personelnya dalam memberikan edukasi dan menanamkan rasa cinta tanah air melalui kegiatan peduli lingkungan, Komandan Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya, S.Sos., M.Han., menyampaikan, bahwa mengajarkan siswa menjaga kebersihan lingkungan sekolah adalah salah satu wujud kepedulian dan cara sederhana membentuk karakter positif yang akan meningkatkan semangat dan motivasi siswa dalam aktivitas belajar sehari - hari.

"Berinovasi melalui kegiatan yang bermanfaat adalah salah satu konsentrasi Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad. Sebagai prajurit TNI mengajarkan hal positif tentu akan menjadi semangat tersendiri bagi para siswa yang berada di tapal batas, semoga bermanfaat dalam menularkan perubahan melalui pembelajaran sederhana," ucap Mayor Inf Rizky Aditya melalui Lettu Asep Saepudin.

Atas apa yang dilakukan oleh personel Satgas Yonif MR 411/Pdw, Kepala Sekolah SD Inpres Bupul 13, Ona Bernandus, S.Pd.K., menyambut baik dan memberikan apresiasinya, dan berharap dengan adanya kegiatan positif dari Satgas Pamtas, dapat memberikan pemahaman kepada siswa – siswinya, bahwa menjaga kebersihan lingkungan sekolah adalah hal yang penting untuk menunjang proses belajar mengajar.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Bupul 13 yang telah mengajarkan anak-anak untuk peduli kebersihan lingkungan sekolah, dengan diajarkan oleh bapak-bapak TNI tentunya menjadi sesuatu yang berbeda dan akan tertanam didalam dirinya," tuturnya. (Agus Subekti)