Lanud Suryadarma Akan Menjadi Tuan Rumah Jabar Reggae Star Festival 2020

Iklan Semua Halaman

Lanud Suryadarma Akan Menjadi Tuan Rumah Jabar Reggae Star Festival 2020

Wednesday, February 26, 2020
Komandan Lanud Suryadarma Marsma I Wayan Sulaba, S.Sos., M.Sc., saat memberikan cinderamata kepada Wakil Bupati Subang, sebelum acara Press Conference Jabar Reggae Star Festival 2020 di Ruang Rapat Rajawali Mako lanud Suryadarma, Rabu (26/02/2020). (Foto: Dok. Pen SDM Lanud Suryadarma)


Subang, beritaglobal.net – Festival reggae nasional akan diselenggarakan pada hari Sabtu (29/02/2020) mendatang, dalam Jabar Reggae Star Festival 2020 dengan mengusung tema “Peduli Lingkungan”. Gelaran festival reggae yang akan diikuti oleh para musisi nasional maupun lokal, serta komunitas reggae se – Indonesia ini, direncanakan akan diselenggarakan di lingkungan Mako Lanud Suryadarma, Kalijati, Subang, Jawa Barat. Hal ini terucap oleh Komandan Lanud Suryadarma Marsma TNI I Wayan Sulaba, S.Sos., M.Sc., pada saat menggelar Press Conference Jabar Reggae Star Festival 2020, di Mako Lanud Suryadarma, Rabu (26/02/2020).

Marsma I Wayan Sulaba, menyampaikan apresiasinya atas semangat yang dimiliki anak – anak muda dan kaum millennial, dikarenakan format kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengajak keterlibatan masyarakat dalam melestarikan lingkungan hidup berbasis event. Program ini, sejalan dengan program Lanud Suryadarma sejak 2019 lalu, untuk mencanangkan Go Green di lingkup Lanud Suryadarma dengan tajuk “Lanud Suryadarma Go Green”.

 “Jadi kami tentunya sangat mendukung terselenggaranya acara tersebut. Mari kita sukseskan bersama-sama,” ajaknya, seperti disampaikan oleh Kepala Penerangan Lanud Suryadarma Letkol Sus Gerardus Maliti, S.Sos., M.Si., kepada beritaglobal.net, Rabu (26/02/2020).

Ditambahkan oleh Letkol Sus Gerardus, Danlanud Suryadarma juga memaparkan sejumlah realisasi program Lanud Suryadarma Go Green.

“Program itu terdiri dari penghijauan penanaman 1000 pohon, penggunaan tumbler, penggunaan tas ramah lingkungan, car free day, bike to work, green basket, blue basket, dan red basket,” ujarnya.

Sementara itu, Gerardus menyampaikan pula pemaparan Agung Ngurah, sebagai salah satu panitia Jabar Reggae Star Festival 2020, bahwa acara festival reggae diawali sejak tahun 2015 di Bali. Semenjak itulah, kini festival serupa telah menyebar ke berbagai provinsi, termasuk Jawa Barat, khususnya Kabupaten Subang. Agung juga mengajak masyarakat Indonesia untuk terus bergerak berbuat hal - hal positif, salah satunya peduli terhadap lingkungan.

“Untuk itu saya mohon ke Bapak Danlanud dan Pemkab Subang untuk membina terutama komunitas-komunitas reggae khususnya yang ada di Subang untuk terus bergerak ke melakukan hal positif dan bermanfaat,” ujar Agung melalui Kapen Lanud Suryadarma Letkol Sus Gerardus Maliti.

Artinya, lanjut dia, event tersebut bukan hanya sekedar event musik biasa, tapi juga mengedepankan edukasi dan  isu terkini yang berkembang di tengah masyarakat. “Jadi soal tema yang diusung didorong ke isu lingkungannya masing-masing daerah. Menstimulan Milenial yang tadinya diam jadi bergerak,” jelasnya.

Arya Putro, yang juga bertindak sebagai panitia festival, mengungkapkan alasan memilih Lanud Suryadrama sebagai lokasi event reggae tersebut. “Awalnya kita konsultasi ke Bapak Wakil Bupati Subang dan diarahkan ke Alun - alun Subang. Tapi kita melihat disana ada taman, takut nanti penonton membludak akhirnya merusak. Sementara Lanud Suryadarma selain tempatnya luas dan tingkat keamanan terjamin juga sejalan dengan program Lanud Suryadarma yaitu go green,” ungkapnya.

Apresiasi Dari Pemkab Subang

Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi yang hadir pada kesempatan itu juga mengapresiasi rencana pelaksanaan event tersebut. Apalagi tema yang diusung sesuai dengan isu yang terjadi di Subang kali ini menyoal peduli lingkungan. “Isu lingkungan memang sangat krusial, urusan sampah hingga tempat pembuangan sampah (TPA) menjadi konsen pemerintah sampai hari ini,” ujar Agus.

Ia menyebut, event musik reggae ini menjadi momentum bagi Pemkab Subang melalui Disparpora Subang untuk mempromosikan Subang, baik dari sisi promosi destinasi wisata juga produk UMKM Subang, seperti produk kopi asli Subang. “Untuk itu saya mengajak warga masyarakat Subang untuk menghadiri event ini. Terutama bagi para pelaku UMKM ke panitia saya minta siapkan tempatnya untuk tempat promosi,” pungkasnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Komandan Wing 8 Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Khairun Aslam, Para Kepala Dinas Lanud Suryadarma beserta para pejabat, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Subang dan para panitia acara Jabar Reggae Star Festival 2020. (Johanes/Agus Subekti)