Latihan Survival Dasar Surya Sakti 2020 Wing 8 Resmi Ditutup, Seluruh Peserta Berhasil Dapat Brivet

Iklan Semua Halaman

Latihan Survival Dasar Surya Sakti 2020 Wing 8 Resmi Ditutup, Seluruh Peserta Berhasil Dapat Brivet

Thursday, February 20, 2020
Komandan Wing 8 Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Khoirun Aslam menyematkan wing survival kepada perwakilan personel saat penutupan latihan survival Surya Sakti 2020. (Foto: dok. Kapen Lanud Suryadarma/GM)

Subang, beritaglobal.net - Latihan Survival Dasar Surya Sakti 2020 Wing 8 Lanud Suryadarma, yang telah berlangsung sejak 3 hari lalu, telah berakhir dan resmi ditutup oleh Pen Sdm. Komandan Wing 8 Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Khoirun Aslam, mewakili Komandan Lanud Suryadarma Marsma TNI I Wayan Sulaba, S.Sos., M.Sc., Kamis (20/02/2020).

Dalam release diterima beritaglobal.net, dari Kapen Lanud Suryadarma, Letkol Sus Gerardus Maliti, S.Sos., M.Si., seluruh rangkaian latihan selama 3 hari dan ditutup secara resmi ditandai dengan, penyematan Brivet Survival kepada seluruh peserta Latihan Survival, di Hanggar Pusdikterla Lanud Suryadarma. Kalijati, Subang.

Disampaikan Letkol Sus Gerardus Maliti, dalam amanatnya, Komandan Lanud Suryadarma melalui Danwing 8 mengatakan, dengan berakhirnya latihan Survival Dasar Surya Sakti 2020 ini kita dapat menyelesaikannya dengan baik, aman, lancar tanpa kurang suatu apapun. Hal ini bisa terwujud atas berkah Tuhan yang maha kuasa, melalui peran semua pihak yang sudah mendukung, baik panitia pelaksana, pelatih maupun para peserta, dan segenap aparat kewilayahan. 

“Kalian telah menjalankan fungsi dan tugasnya masing - masing, sehingga selama latihan tidak terjadi hal - hal yang tidak diharapkan," ungkap Danwing 8 mewakili Danlanud Suryadarma.

Diungkapkan pula oleh Danlanud, selama tiga hari ini peserta Survival sudah mendapatkan beberapa pelajaran penting dan berharga untuk kehidupan yang bisa diambil dari pelaksanaan kegiatan ini, antara lain pentingnya memahami dan mengerti rasanya bertahan hidup atau survival ketika terjadi emergency (keadaan darurat-red) dalam kegiatan penerbangan, dan segala kesulitan yang dialami selama latihan di medan survival sehingga para peserta survival ini akan membentuk karakter kesabaran, tahan uji, pantang menyerah, rela menderita, serta memiliki keberanian.

Ditambahkan Gerardus, "Komandan juga mengatakan bahwa latihan survival kali ini secara umum dapat dinyatakan berhasil, berlangsung dengan lancar, tertib dan aman. Namun demikian dengan keterbatasan yang ada tentu masih terdapat beberapa kendala dan  kekurangan dalam pelaksanannya," imbuhnya.

Untuk itulah, diminta kepada komando latihan dan staf pelaksana latihan, mengadakan evaluasi secara menyeluruh, sehingga diharapkan pada pelaksanaan latihan berikutnya dapat berjalan lebih baik dari latihan saat ini.

"Ucapan terima kasih dan apresiasi tidak lupa disampaikan oleh Komandan, kepada para pelaksana, pelatih, pendukung, peserta latihan dan semua pihak yang turut membantu jalannya pelaksanaan latihan ini," sambung Gerardus menirukan isi amanat Danlanud Suryadarma yang dibacakan oleh Danwing 8.

Secara khusus, Danlanud Suryadarma mengucapkan selamat kepada regu yang berprestasi karena kekompakan dan keuletan regu untuk bisa bertahan hidup selama berlatih.

“Saya mengharapkan agar semua yang telah didapat selama latihan hendaknya dijadikan sebagai pengetahuan untuk pelaksanaan tugas dan memperkaya karakter pribadi," harap Komandan Danlanud Suryadarma.

Hadir pada penutupan latihan Survival Dasar Surya Sakti 2020 Kadisops Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Tubagus Hasan, Kepala Dinas Personel Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Tarmuji Hadi, Kadislog Lanud Suryadarma Kolonel Tek Dedy Cahyadi serta para pejabat Lanud Suryadarma. (Agus Subekti/JH)