PM Kodam IV/Diponegoro Laksanakan Ops Gaktib, Kapendam : “Ada atau tidak ada operasi Gaktib, anggota Pendam harus bisa menjadi pelopor disiplin bagi dirinya sendiri, keluarga dan lingkungannya”

Iklan Semua Halaman

PM Kodam IV/Diponegoro Laksanakan Ops Gaktib, Kapendam : “Ada atau tidak ada operasi Gaktib, anggota Pendam harus bisa menjadi pelopor disiplin bagi dirinya sendiri, keluarga dan lingkungannya”

Wednesday, February 26, 2020
Jalannya Operasi Penegakkan Ketertiban (Ops Gaktib) di lingkungan Kodam IV/Diponegoro oleh jajaran Polisi Militer yang dipimpin oleh Kapten Cpm Sukoco, Rabu (24/02/2020). (Foto: Dok. Pendam IV/Diponegoro)


Semarang, beritaglobal.net – Jajaran Polisi Militer Kodam IV/Diponegoro, laksanakan Operasi Penegakkan Ketertiban (Ops Gaktib) dalam satuan, sebagai upaya preventif untuk mencegah terjadinya pelanggaran yang dilakukan anggota TNI. Karena, kesadaran dan keikhlasan untuk selalu patuh dan taat kepada semua aturan dan ketentuan yang berlaku pada dasarnya sudah menjadi nafas setiap prajurit dan PNS TNI.

“Hari ini Pendam IV/Diponegoro dilakukan Ops Gaktib oleh Tim dari Denpom IV-5/Semarang. Ada atau tidak ada operasi Gaktib, anggota Pendam harus bisa menjadi pelopor disiplin bagi dirinya sendiri, keluarga dan lingkungannya,” ungkap Kapendam IV/Diponegoro Letkol Kav Susanto, S.I.P., M.A.P., kepada beritaglobal.net, melalui Kasie Media Online Kodam IV/Diponegoro Mayor Sukamto, sebelum pelaksanaan Gaktib di kantor Pendam, Rabu (26/02/2020).

Disampaikan Letkol Susanto, kapanpun dan dimanapun anggota Pendam harus menjadi pelopor penegakkan disiplin, terutama disiplin dalam berlalu lintas.

“Kecelakaan lalu lintas yang terjadi di jalan raya pada umumnya karena ketidakdisiplinan pengendara. Jangan anggap remeh aturan, karena sekecil apapun kesalahan dapat berakibat fatal,” imbuh Kapendam.

Senada dengan Kapendam, Ketua Tim Gaktib dari Denpom IV-5/Semarang Kapten Cpm Sukoco mengatakan, bahwa operasi yang dilakukan tidak untuk mencari-cari kesalahan tetapi untuk mencegah terjadinya pelanggaran.

“Sekecil apapun pelanggaran yang dilakukan prajurit/PNS akan berdampak bukan hanya kepada dirinya sendiri, tetapi juga kepada keluarga dan satuan,” ungkapnya.

Kapten Cpm Sukoco juga mengapresiasi kepada seluruh anggota Pendam IV/Diponegoro yang pada saat pemeriksaan yang dilakukan anggotanya tidak ditemukan pelanggaran.

“Terima kasih, dari pemeriksaan kali ini Pendam dinyatakan bersih dari pelanggaran. Kami yakin, kalau anggota Pendam akan terus bersih dan bisa menjadi contoh sekaligus corong dalam menegakkan aturan, baik di lingkungan TNI maupun di lingkungan masyarakat,” tandasnya.

Untuk diketahui, dalam dua minggu ini pihaknya sedang melakukan operasi di dalam satuan. Selanjutnya operasi akan digelar di luar satuan, yang waktu dan tempatnya tidak bisa disampaikan, imbuh Kapten Sukoco.

Operasi Gaktib dalam satuan yang digelar usai apel pagi ini meliputi pemeriksaan surat-surat kelengkapan pribadi seperti KTA, KTP dan SIM. Selain itu juga dilakukan pemeriksaan surat-surat dan alat kelengkapan kendaraan seperti STNK, helm, lampu sen, spion dan alat kelengkapan kendaraan lainnya, baik kendaraan dinas maupun kendaraan pribadi. (Kristiyono/Agus Subekti)