Walikota Salatiga Bersama Forkompinda dan Kepala OPD, Adakan Rakor Pembentukan Gugus Tugas Kewaspadaan dan Pencegahan Covid-19

Iklan Semua Halaman

Walikota Salatiga Bersama Forkompinda dan Kepala OPD, Adakan Rakor Pembentukan Gugus Tugas Kewaspadaan dan Pencegahan Covid-19

Saturday, March 14, 2020
Jalannya rakor terkait Kewaspadaan dan Pencegahan Covid-19 di Kota Salatiga yang dipimpin oleh Walikota Salatiga H. Yulianto, S.E., M.M., didampingi Wakil Walikota Salatiga Muh. Haris S.S., bersama Forkompinda Kota Salatiga serta kepala OPD terkait, di rumah dinas Walikota Salatiga, Jalan Diponegoro No. 1, Salatiga. (Foto: Dok. Facebook Dance Palit)


Salatiga, beritaglobal.net – Walikota Salatiga H. Yulianto, S.E., M.M., memimpin rapat koordinasi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kota Salatiga dalam rangka upaya pencegahan dan kewaspadaan Pemerintah Kota Salatiga pada penyebaran Covid-19 yang disebabkan oleh virus Corona, di rumah Dinas Walikota Salatiga di Jalan Diponegoro No. 1, Kota Salatiga pada Sabtu, (14/03/2020) malam.

Dalam rapat koordinasi, Walikota Salatiga didampingi oleh Wakil Walikota Salatiga Muh Haris, S.S. Tampak hadir dalam rapat koordinasi di rumah dinas Walikota adalah Ketua DPRD Kota Salatiga Dance Ishak Palit, M.Si., Danramil 01/Kota mewakili Dandim 0714/Salatiga TNI, perwakilan Kapolres Salatiga, perwakilan Kepala Kejaksaan Negeri Salatiga, perwakilan Ketua PN Salatiga, dan segenap pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Saat dikonfirmasi beritaglobal.net melalui pesan WhatsApp, Minggu (15/03/2020) terkait hasil keputusan rakor, Walikota Salatiga menyatakan bahwa pada hari Senin (16/03/2020) mendatang, Pemerintah Kota Salatiga akan mengeluarkan surat edaran resmi terkait tindakan pencegahan dan kewaspadaan pada penyebaran Covid-19. “Senin surat edaran sudah keluar,” jelas Yulianto.

Saat ditanyakan OPD terkait yang akan menjadi leading sektor pencegahan dan waspada Covid-19, orang nomor satu di Kota Salatiga ini menyatakan bahwa akan dibentuk Gugus Tugas yang berfungsi untuk Kewaspadaan dan Pencegahan Covid-19 di Kota Salatiga yang akan di pimpin langsung oleh Sekda Kota Salatiga.

“Gugus tugas cenderung kewaspadaan dan pencegahan, berkaitan penanganannya oleh rumah sakit rujukan,” jelas Yulianto.

Yulianto menandaskan bahwa himbauan lengkap terkait kewaspadaan dan pencegahan penyebaran Covid-19 di Kota Salatiga, akan digelar konferensi pers pada hari Senin (16/03/2020) mendatang.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Salatiga saat dikonfirmasi terkait pernyataan di akun facebook bernama Dance Palit yang menuliskan keputusan rapat koordinasi Walikota Salatiga bersama Forkompinda Kota Salatiga membenarkan, bahwa apa yang ditulisnya adalah Keputusan Rakor pada Sabtu (14/03/2020) malam di rumah dinas walikota Salatiga.

Adapun dikutip dari postingan Ketua DPRD Kota Salatiga di wall akun facebooknya disebutkannya, “Keputusan Rakor Forkompinda dan seluruh OPD Pemerintah kota Salatiga ttg penanganan Covid-19 : meliburkan sekolah dlm kewenangan pemkot selama 14 hari terhitung senin 16 maret 2020. Setiap OPD melakukan  penanganan preventif dibidangnya sesuai protokol, dibentuk gugus tugas yg dipimpin sekda yg menjadi pusat informasi dan komando penanganan, DKK, Rumah sakit dibantu OPD lainnya melakukan penanganan kesehatan terhadap orang atau pasien dalam pengawasan. Kepolisian dan TNI melakukan dukungan penuh terhadap proses promotif maupun penanganan. Yg penting masyarakat jgn panik hindari area publik dan kontak langsung dgn bnyk org, menjaga stamina dgn pola hidup sehat, jgn lupa cuci tangan, jika ada informasi ttg indikasi terpapar segera melaporkan kepada gugus tugas di kantor pemkot salatiga.... yg terakhir jgn lupa ibadah dan doa,” tulis Dance. (Agus Subekti/Red)