82 Orang Calon Anggota Paskibraka Kota Salatiga Tahun 2020, Mulai Menjalani Seleksi Orientasi Leadership

Iklan Semua Halaman

82 Orang Calon Anggota Paskibraka Kota Salatiga Tahun 2020, Mulai Menjalani Seleksi Orientasi Leadership

Sunday, March 15, 2020
Para calon anggota Paskibraka Kota Salatiga tahun 2020 mengikuti sesi permainan dalam Orientasi Leadership di halaman Balai Kota Salatiga dengan dipandu oleh tim HTC. (Foto: Dok. HTC/Tri)


Salatiga, beritaglobal.net – Pemerintah Kota Salatiga melalui Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora), melaksanakan kegiatan orientasi leadership (kepemimpinan) dalam aktivitas outbound training. Sebanyak 82 orang calon anggota Paskibraka Kota Salatiga tahun 2020, mengikuti kegiatan tersebut di kompleks Balai Kota Salatiga, pada hari Sabtu (14/03/2020).

Pelaksanaan orientasi kepemimpinan pada calon anggota paskibraka Kota Salatiga tahun 2020 yang dibuka oleh Kepala Bidang Kepemudaan dan Kepramukaan Dispora Kota Salatiga Nyoto Dwi Sabdo, S.Stp., M.M., bertujuan untuk membangun kebersamaan dan kerja sama antar anggota. Hal ini sangat penting dalam aktivitas mereka mengibarkan sang Saka Merah Putih, saat pelaksanaan upacara bendera peringatan Detik – Detik Proklamasi Kemerdekaan di bulan Agustus 2020 mendatang.
Dalam kata sambutannya, Nyoto berpesan bahwa semua peserta ini adalah mereka yang terpilih dari lebih kurang 400 siswa yang telah menjalani berbagai rangkaian seleksi sebelumnya.

“Jangan sia - siakan kesempatan ini, untuk terus menjadi generasi muda yang berkarakter, mandiri dan selalu cinta Tanah Air, karena menjadi Anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) pada Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke - 75 tingkat kota, provinsi maupun pusat itu selain menjadi kebanggaan juga merupakan bukti pengabdian kita kepada NKRI,” imbuh Nyoto Dwi Sabdo.

Diharapkan Nyoto, semua peserta dapat mengikuti semua proses yang ada agar dapat memberikan hasil yang maksimal.

Pelaksanaan Outbound Training kali ini, Dispora Kota Salatiga bekerja sama dengan HTC (Humanity Training & Consulting), yang tidak lain adalah salah satu profesional di bidang pengembangan diri dan pembentukan karakter dari Kota Salatiga.

Pelaksanaan pelatihan sehari, para calon anggota paskibraka ini dibekali dengan berbagai macam materi seperti : Kepemimpinan, Kerjasama dan Pembentukan Tim yang Solid.
Saat dikonfirmasi beritaglobal.net, Tri Sukrisdiyanto selaku punggawa HTC menyampaikan bahwa metode pelatihan yang diberikan menggunakan Metode Experiential Learning atau yang sering kita kenal dengan istilah Outbound maka kegiatan Orientasi ini akan lebih menarik dan menyenangkan bagi semua peserta.

“Kami menggunakan metode Experiential Learning atau yang lebih dikenal dengan istilah Outbound, karena dengan metode ini, para peserta orientasi akan lebih antusias mengikuti setiap sesi latihan, lebih menarik dan menyenangkan bagi seluruh peserta,” ungkap Tri.

Selanjutnya, masih menurut Tri Sukrisdiyanto, “Setelah mengikuti Orientasi ini diharapkan semua peserta mampu mengenali potensi diri serta lebih kenal dan akrab antar peserta lain yang nantinya mereka akan menjadi satu tim pengibar bendera Merah Putih dalam upacara. Dengan metode Outbound yang menggunakan media berbagai permainan ini maka penyampaian materi dapat semakin mudah dan lebih mengena,” pungkasnya. (Agus Subekti/Red)