Beri Penyuluhan PHBS, Satgas Pamtas Yonif R 509/Kostrad Harapkan Generasi Muda Unggul dan Kompetitif di Pegunungan Papua -->

code ads

Beri Penyuluhan PHBS, Satgas Pamtas Yonif R 509/Kostrad Harapkan Generasi Muda Unggul dan Kompetitif di Pegunungan Papua

Tuesday, March 17, 2020
Danpos Okbibab Letda Inf Wisnu Adityara memberikan paparan tentang PHBS dan pencegahan penyakit di hadapan puluhan siswa SMP Negeri 1 Okbibab, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. (Foto: Dok. Dispenad)

Jakarta, beritaglobal.net – Menjaga keamanan wilayah perbatasan menjadi salah satu tugas pokok Satuan Tugas Pengaman Perbatasan (Satgas Pamtas) di Papua. Namun, selain menjaga keamanan, Satgas Pamtas tidak lupa untuk melakukan pembinaan masyarakat di wilayah tugas masing – masing, seperti yang dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonif Raider 509/Kostrad, memberikan paparan tentang pola hidup bersih dan sehat (PHBS) di kalangan pelajar SMP Negeri 1 Okbibab, tidak luput dari perhatian personel Satgas Pamtas, karena para pelajar adalah generasi muda Papua yang diharapkan menjadi generasi yang unggul dan kompetitif. Demikian disampaikan oleh Dansatgas Pamtas Yonif Raider 509/Kostrad Letkol Inf Wira Muharromah, S.I.P., Psc., dalam rilis deterima beritaglobal.net, Selasa (17/03/2020).

“Penyuluhan kesehatan yang dilaksanakan Pos Okbibab pada hari Senin (16/03/2020), dipimpin Danpos Okbibab, Letda Inf Wisnu Adityara beserta lima orang anggota bersama petugas Puskesmas Okbibab. Kegiatan tersebut sebagai wujud pengabdian dan kepedulian terhadap masyarakat yang berada di wilayah perbatasan RI-PNG, khususnya para siswa yang menuntut ilmu di SMP Negeri 1 Okbibab,” ungkap Letkol Inf Wira Muharromah.

Menurut Letkol Inf Wira Muharromah, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan memperingati HUT ke – 59 Kostrad, sekaligus sebagai bentuk kepedulian Satgas pada kondisi kesehatan warga perbatasan.

“Penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan ini bertujuan untuk membangun generasi muda bangsa yang sehat dan bersih, khususnya pelajar Sekolah Menengah Pertama agar selalu membudayakan dan memprioritaskan kesehatan menjadi kebutuhan pokok,” jelasnya.

“Selain itu, kita memberikan penyuluhan ini, agar warga khususnya para pelajar dapat terhidar dari berbagai penyakit, sekaligus juga mengajari mereka cara pencegahannya,“ tandas Wira Muharromah.

Di tempat terpisah, Danpos Okbibab Letda Inf Wisnu Adityara menyampaikan bahwa kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan ini, merupakan kepedulian Satgas kepada masyarakat yang ada di perbatasan agar selalu menomorsatukan kesehatan, untuk menghindarkan diri dari berbagai penyakit dan pencegahannya.

"Kita lebih baik mencegah daripada mengobati. Maka dari itu, jagalah selalu kebersihan, rajin berolahraga dan tidak sembarang makan - makanan yang kehigienisannya meragukan,” kata Wisnu.

Diharapkannya, dengan adanya penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan ini akan memotivasi mereka yang masih duduk di bangku sekolah, agar lebih memahami dan peduli kepada kesehatan dan bagaimana mencegah penyakit.

“Diharapkan pula, melalui sosialisasi ini mereka bisa mengajarkan pentingnya menjaga kesehatan kepada keluarga serta masyarakat sekitarnya," tandas Wisnu Adiyara.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Okbibab, Carolina (48), mengucapkan terima kasih kepada anggota Satgas yang telah memberikan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan kepada siswa di sekolahnya.

"Kami sebagai guru disini merasa bangga, kehadiran Bapak Satgas dapat menularkan perilaku positif bagi anak - anak,” tuturnya.

“Semoga niat baik dan ketulusan Bapak Satgas ini menjadi contoh bagi mereka untuk peduli kepada sesama yang membutuhkan,” pungkas ibu tiga orang anak ini dengan bangga. (Johanes)