Bersatu Berjuang Melawan Pandemi Covid-19, Pemuda Karangduren Semprotkan Cairan Disinfektan

Iklan Semua Halaman

Bersatu Berjuang Melawan Pandemi Covid-19, Pemuda Karangduren Semprotkan Cairan Disinfektan

Saturday, March 28, 2020
Aktivitas karangtaruna Karya Bakti Desa Karangduren, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang saat melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke rumah - rumah warga. (Foto: Dok. pribadi/Surya)


Ungaran, beritaglobal.net – Menindaklanjuti instruksi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang tentang pentingnya pencegahan  menjalarnya Covid-19, Ketua Pemuda Karya Bakti Andi Pramudianto bersama pengurusnya melakukan rapat koordinasi bersama dengan ketua – ketua RT di Desa Karangduren, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang.

Bertempat di rumah Suyamto, agenda rapat koordinasi adalah untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke rumah – rumah warga dalam masa tanggap darurat pencegahan dan menangkal penyebaran Covid-19 di wilayah Desa Karangduren.
“Kami sebagai generasi muda, merasa prihatin dengan adanya kondisi saat ini, kami berinisiatif untuk melakukan tanggap darurat secara mandiri,” terangnya kepada beritaglobal.net.

Adapun dari hasil keputusan rapat koordinasi pada Kamis (26/03/2020) lalu, disebutkan Andi, para pemuda yang tergabung dalam organisasi Karang Taruna memulai melakukan penyemprotan cairan disinfektan sejak hari Jumat (27/03/2020) kemarin.

“Kami menggunakan larutan pemutih, pembersih lantai dengan takaran yang sudah dianjurkan dalam beberapa pengumuman resmi dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se Indonesia. Kegiatan penyemprotan kami mulai di pagi hari sekira pukul 07.00 WIB, karena waktu itu kami anggap efektif dengan adanya sinar matahari pagi yang dapat membantu membunuh virus dan bakteri yang tidak baik bagi kesehatan,” imbuhnya.

Ditandaskan pula oleh Andi, jika alat pelindung diri sewaktu pelaksanaan penyemprotan adalah menggunakan material yang sudah dimiliki seperti halnya jas hujan, sepatu karet, sarung tangan karet dan masker serta kaca mata bening.

Sementara itu, dari sikap yang diambil para pemuda di desanya, Suyamto yang kebetulan juga sebagai ketua RT, menyampaikan apresiasinya.

“Wabah ini memang sangat meresahkan tapi dibalik meresahkan, menjadikan pembelajaran bagi generasi muda untuk berlatih kerja kemasyarakatan. Saya ucapkan terima kasih, selamat berjuang dan bekerja semoga dengan tanggap darurat Corona, penyebaran Covid-19 tidak masuk di Karangduren,” ungkap Suyamto. (Surya)