Cendol Dawet Daun Kelor Ala Siswa SMK HKTI 1 Jurusan Farmasi Klampok, Bisa Untuk Naikan Daya Tahan Tubuh Melawan Virus Corona -->

code ads

Cendol Dawet Daun Kelor Ala Siswa SMK HKTI 1 Jurusan Farmasi Klampok, Bisa Untuk Naikan Daya Tahan Tubuh Melawan Virus Corona

Saturday, March 14, 2020
Aktivitas siswa - siswi kelas 11 SMK HTKI 1 Purwareja, Klampok, Banjarnegara di dalam laboratorium sekolah untuk memproses pembuatan minuman Cendol Dawet Daun Kelor yang bermanfaat untuk mambantu meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan Covid-19 yang disebabkan oleh Virus Corona, Sabtu (14/03/2020). (Foto: Dok. istimewa/Iwan)

Banjarnegara, beritaglobal.net – Berangkat dari kuliner khas di Kabupaten Banjarnegara, Cendol Dawet, menjadi inspirasi siswa – siswi SMK HKTI 1 Purwareja Jurusan Farmasi, yang berada di Jalan Raya Purwareja – Klampok No. 82, Kabupaten Banjarnegara, untuk berinovasi pada saat diberi tugas oleh sekolah dalam mata pelajaran kewirausahaan dengan membuat minuman Cendol Dawet Sari Daun Kelor.

Saat dikonfirmasi beritaglobal.net, Yoga Bagus Wicaksana, S.Farm., (28) selaku guru pendamping kegiatan kewirausahaan siswa – siswi SMK HKTI 1 di kelas 2, inovasi minuman cendol dawet dengan mencampur sari Daun Kelor adalah sebagai terobosan dalam membantu meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan Virus Corona (Covid-19).

“Berawal dari mata pelajaran kewirausahaan, para siswa mencari terobosan alternative dari permasalahan yang terjadi di masyarakat. Dimana saat ini, sedang heboh penyebaran virus corona. Untuk itu, di Jurusan Farmasi ini, kami mencoba membuat terobosan untuk minuman khas Kabupaten Banjarnegara yaitu Cendol Dawet dengan mencampur sari Daun Kelor,” ungkap Yoga.
Menurutnya, Daun Kelor memiliki kandungan zat antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, selain itu kandungan vitamin C di Daun Kelor, memiliki kandungan 7 kali lebih banyak dari buah jeruk dan 15 kali lebih banyak dari 1 buah pisang.

“Daun Kelor selain memiliki kandungan vitamin C, kandungan mineralnyapun banyak, seperti Kalsium, Kalium, Protein, zat besi dan asam amino, yang dapat membantu tubuh untuk penyembuhan serta membangun otot dan memperbaiki sel tubuh yang rusak,” pungkasnya.

Semua aktivitas dari para siswa – siswi SMK HKTI 1 Purwareja, mendapat dukungan dari sekolah, hal ini diungkapkan oleh Yuli Hariadi (41), Wakil Kepala Sekolah di bidang kesiswaan.

“Kami menyambut baik, karena cendol dawet adalah kuliner khas di Banjarnegara. Kami sangat mendukung aktivitas siswa untuk di bidang kewirausahaan,” ungkap Yuli kepada beritaglobal.net, Sabtu (14/03/2020).

Dijelaskan Yuli, dukungan untuk inovasi siswa – siswi di SMK HKTI 1 Purwareja, juga datang dari para wali murid.

“Dengan apa yang dihasilkan oleh siswa – siswi kami, orang tua mereka juga senang mendengarnya, karena ada hal positif dari mereka yang dapat memanfaatkan potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Banjarnegara dengan mengkombinasi antara minuman khas Banjarnegara dan ekstrak Daun Kelor untuk membantu melawan Covid – 19 yang disebabkan oleh Virus Corona,” pungkasnya.

Menurut penuturan para siswa, hasil karya mereka sudah dikemas dalam cup khusus dan dibanderol dengan harga per cup nya Rp 5.000,-. (Iwan Setiawan)