Pemuda dan Takmir Masjid Sabilul Muhtadin Memasang Penyemprot Cairan Disinfektan Mandiri -->

code ads


Pemuda dan Takmir Masjid Sabilul Muhtadin Memasang Penyemprot Cairan Disinfektan Mandiri

Sunday, March 29, 2020
Pemasangan alat penyemprot cairan disinfektan mandiri di pintu masuk Masjid Sabilul Muhtadin di Dusun/Desa Karang Duren, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Minggu (29/03/2020). (Foto: Dok. istimewa/Surya)

Ungaran, beritaglobal.net – Aktivitas warga di Dusun/Desa Karang Duren, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang di hari Minggu pagi, selalu dilalui dengan penuh kegembiraan dan iringan musik senam jantung sehat Indonesia. Namun, semenjak adanya himbauan pemerintah untuk seluruh masyarakat melakukan aktivitas dari dalam rumah karena adanya penyebaran Covid-19, warga Dusun Karang Duren, sedikit merubah kebiasaan tersebut.

Dalam pantauan beritaglobal.net, warga Dusun Karang Duren, berupaya secara terus menerus melaksanakan program kebersihan lingkungan dan penyemprotan cairan disinfektan secara mandiri ke seluruh wilayah Dusun Karang Duren. Selain itu, sebagian warga dihimbau untuk melakukan aktivitas senam ringan di halaman rumah masing – masing di waktu pagi sebelum pukul 09.00 WIB.
Hal ini disampaikan oleh Ketua RT 01 Dusun Karang Duren, Jayus, melalui wakilnya Suyamto kepada beritaglobal.net, Minggu (29/03/2020). “Remaja masjid yang juga tergabung dalam Karang Taruna Karya Bakti, secara aktif bersama – sama dengan takmir Masjid dan tokoh masyarakat disini, melakukan upaya penyemprotan cairan disinfektan secara mandiri,” ungkapnya.

Suyamto yang akrab dipanggil oleh pemuda setempat dengan panggilan Yanto Karoseri, tidak mau tinggal diam dalam membantu warga untuk membasmi penyebaran Covid-19 di wilayahnya. Dirinya, dengan sukarela mengalokasikan salah satu mobil pick up nya, khusus untuk dipergunakan pemuda dan masyarakat setempat sebagai armada pengangkut air yang telah diberi cairan disinfektan dan keliling Dusun untuk melakukan penyemprotan mandiri.

Melalui Yanto pula, takmir Masjid Sabilul Muhtadin, Surato dan Darlan, bahwa untuk menjamin ibadah jama’ah masjid, takmir masjid telah membangun fasilitas penyemprot cairan disinfektan setelah jama’ah melintasi gerbang masuk masjid Sabilul Muhtadin.

“Tadi takmir masjid, Bapak Surato dan Bapak Darlan menyampaikan kepada saya, bahwa di pintu masuk masjid, juga tengah dibuat sarana penyemprotan cairan disinfektan untuk jama’ah yang akan menjalankan ibadah sholat,” ujarnya.

Takmir masjid juga menghimbau kepada seluruh warga Dusun Karang Duren, agar selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat, selalu mencuci tangan dengan sabun setelah melakukan aktivitas apapun. Disekitar tempat wudhu di Masjid Sabilul Muhtadin juga telah disediakan sabun yang dapat dipergunakan jama’ah saat akan berwudhu.

Sementara itu, sesaat setelah pelaksanaan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh wilayah Dusun Karang Duren, Jayus menyampaikan himbauan kepada seluruh warga Dusun Karang Duren, khususnya warga di lingkungan RT 01 untuk menjalankan PHBS dan apabila menerima tamu ataupun saudara dari luar daerah untuk secara sadar dan sukarela memberitahukan keberadaan orang tersebut pada Ketua RT ataupun perangkat Desa Karang Duren.

“Kami harap kesadaran warga untuk selalu melaporkan keberadaan orang dari luar Desa Karang Duren, yang datang. Baik itu saudara ataupun tamu, bilamana ada warga yang merasa badannya merasakan keluhan seperti tanda – tanda adanya inkubasi virus Corona, untuk segera memeriksakan diri ke Puskesmas,” pungkasnya. (Surya)