Respon Cepat PLN Rayon Temanggung, Bersihkan Dahan Pohon Bambu yang Timpa Jaringan Instalasi Listrik

Iklan Semua Halaman

Respon Cepat PLN Rayon Temanggung, Bersihkan Dahan Pohon Bambu yang Timpa Jaringan Instalasi Listrik

Thursday, March 5, 2020
Tim teknisi perbaikan gangguan instalasi PT. PLN (persero) Rayon Temanggung, membersihkan dahan - dahan bambu yang roboh di jalur utama instalasi listrik di wilayah Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung, Kamis (05/03/2020). (Foto: Dok. istimewa/Ratma)

Temanggung, beritaglobal.net - Hujan lebat yang disertai angin kencang melanda Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung, pada Kamis (05/03/2020), mengakibatkan beberapa pohon bambu tumbang dan menimpa jaringan utama PLN. Hal ini menyebabkan padamnya listrik di sebagian wilayah Kecamatan Bansari dan Kecamatan Ngadirjo, Kabupaten Temanggung.

Kerasnya tiupan angin dan tingginya intensitas curah hujan, juga menumbangkan pohon Sengon di dekat jembatan Desa Kutoanyar, Kecamatan Kedu dan menimpa jaringan PLN, sehingga listrik di wilayah Kecamatan Kedu, Parakan, Ngadirjo, padam.

"Sejak dini hari tadi memang hujan mengguyur cukup deras disertai angin kencang. Di desa kami banyak pohon - pohon yang tumbang karena di terjang angin, sehingga listrik di desa kami sempat padam sampai siang ini. Mungkin karena ada kabel listrik yang tertimpa pohon yang tumbang. Kami memaklumi jika listrik padam karena ini merupakan faktor alam, mungkin tidak hanya terjadi disini saja, desa lain juga mengalami gangguan listrik," ujar Slamet, salah satu warga Desa Kutoarjo.

Padamnya listrik di sejumlah wilayah di Kabupaten Temanggung, mendorong masyarakat untuk mengadu ke PT. PLN (persero) Rayon Temanggung.

Menerima aduan masyarakat atas peristiwa tumbangnya pepohonan yang menimpa jaringan instalasi utama PLN, direspon cepat oleh beberapa orang teknisi PT. PLN (persero) Rayon Temanggung. Agar masyarakat sebagai pelanggan listrik PLN, tidak menunggu lama hingga aliran listrik di wilayah terdampak normal kembali.

Saat dikonfirmasi terpisah, Kepala Cabang PT. PLN (persero) Rayon Temanggung, Ferry Fernando, S.T., menjelaskan jika dari adanya hujan deras disertai angin kencang, berdampak pemadaman listrik di sejumlah tempat. Atas nama PT. PLN, Ferry meminta maaf atas ketidaknyamanan layanan dan terganggunya aktivitas yang dirasakan oleh masyarakat.

"Kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menanam pohon, mendirikan bangunan atau melakukan aktifitas di dekat jaringan listrik demi keamanan warga itu sendiri," himbau Ferry. (Ratmaningsih)