Sinergi TNI-Polri dan Bidan Desa Karang Duren Cegah Penyebaran Covid-19 -->

code ads

Sinergi TNI-Polri dan Bidan Desa Karang Duren Cegah Penyebaran Covid-19

Wednesday, March 25, 2020
Sosialisasi pencegahan dan waspada Covid-19 oleh Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Bidan Desa Karang Duren, di seputar Pasar Kembangsari, Dusun Cabean Wetan, Desa Karang Duren, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang. (Foto: Dok. pribadi/Surya) 

Ungaran, beritaglobal.net - Antisipasi penyebaran Corona Virus Diseas (Covid-19), Bhabinkamtibmas Polsek Tengaran bersama dengan Babinsa Koramil 06/Tengaran untuk Desa Karangduren, bersama - sama bidan desa, melaksanakan kegiatan sosialisasi pencegahan dan waspada penyebaran Covid-19, Rabu (25/03/2020).

Selain mengkomunikasikan pencegahan dan waspada penyebaran Covid-19, Koptu Purwoko Adi Nugroho bersama dengan Bripka Dwi Nugroho melakukan prnyemprotan cairan disinfektan di Dusun Cabean Wetan, Desa Karang Duren, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang di sejumlah fasilitas umum seperti musholla, masjid dan gedung sekolah.

Adapun himbauan yang disampaikan oleh Purwoko adalah pentingnya menyadarkan masyarakat tentang pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Selain itu, warga di Dusun Cabean Wetan diberikan prmahaman tentang Covid-19.

"Kami berharap masyarakat bisa menjaga diri, untuk anak dibawah usia 5 tahun, pengawasan dari orang tua amatlah penting. Jangan lengah untuk memperhatikan, karna apa? Anak balita belum bisa memahami tentang apa yang sedang terjadi," ungkap Babinsa Desa Karang Duren saat memberikan pengarahan kepada warga.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Karang Duren, Aiptu Dwi Nugroho menghimbau kepada masyarakat untuk menyadari dan mematuhi peraturan pemerintah.

"Untuk sementara waktu tidak melakukan kumpul - kumpul menyelenggarakan hajatan pernikahan dengan hiburan atau kegiatan yang mengundang orang banyak," ucap Aiptu Dwi.

Dwi menegaskan, dengan adanya maklumat Kapolri, bilamana ada yang melanggar akan ditindak tegas.

Sementara itu, Bidan Desa Karang Duren, memberikan 8 hal yang harus dilakukan warga, terkait pencegahan dan waspada penyebaran Covid-19.

1. Mencuci tangan lebih sering dengan sabun dan air yang mengalir selama 20 detik atau hand sanitizer, mandi cuci muka sesampai di rumah dari tempat kerja. Membersihkan kotoran hidung batuk atau bersin, ketika akan atau menghantarkan makanan.
2. Hindari menyentuh mata hidung dan mulut dengan tangan yang belum dicuci.
3. Jangan berjabat tangan.
4. Hindari interaksi fisik dekat dengan orang yang memiliki gejala sakit.
5. Tutup mulut saat batuk dan bersin dengan lengan atas atau ketiak gunakan tisu, langsung dibuang ditempat sampah dan cuci tangan.
6. Segera mandi dan ganti baju sesampai di rumah setelah bepergian.
7. Bersihkan dan berikan disinfektan berkala pada benda - benda yang sering disentuh pada permukaan rumah perabot meja kursi gagang pintu dan lain - lain.
8. Segera laporkan Apabila ada warga baru dari luar kota, kepada Pemerintah Desa atau ke bidan desa.

Saat dilakukan penyemprotan disinfektan, tampak warga setempat dari ketua RT kepemudaan takmir masjid dan penjaga sekolah, secara sukarela turut aktif membantu Bhabinkamtibmas dan Babinsa Karang Duren. (Surya)