Tindak Lanjut Rakor Walikota Salatiga Bersama Forkompinda, Ini 8 Butir Isi SE Walikota Salatiga Untuk Cegah dan Waspada Covid-19 di Salatiga

Iklan Semua Halaman

Tindak Lanjut Rakor Walikota Salatiga Bersama Forkompinda, Ini 8 Butir Isi SE Walikota Salatiga Untuk Cegah dan Waspada Covid-19 di Salatiga

Sunday, March 15, 2020

Surat Edaran Walikota Salatiga H. Yulianto, S.E., M.M., tentang Percepatan Penanganan Covid-19 di Kota Salatiga.
Salatiga, beritaglobal.net – Merespon cepat kewaspadaan dan pencegahan penyebaran Covid-19 yang disebabkan oleh Virus Corona, Walikota Salatiga H. Yulianto, S.E., M.M., bersama Forkompinda dan segenap pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Salatiga pada Sabtu (14/03/2020) malam di Rumah Dinas Walikota Salatiga di Jalan Diponegoro No. 1, Salatiga.

Rakor yang di pimpin langsung oleh Walikota Salatiga, membuahkan 8 poin penting dalam rangka meningkatkan Kewaspadaan dan Pencegahan penyebaran Covid-19 dalam Surat Edaran (SE) Walikota Salatiga bernomor 443.1/105/103.0 tentang Percepatan Penanganan Covid-19, diantaranya adalah :
  1. Setiap Instansi Pemerintah, Perguruan Tinggi, Perusahaan dan Masyarakat melakukan upaya nyata secara bersama – sama sesuai tupoksi masing – masing berdasarkan protokol yang sudah diterbitkan Pemerintah Pusat.
  2. Di bidang Pendidikan mulai dari PAUD, TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, peserta didik melaksanakan pembelajaran mandiri di rumah selama 14 (empat belas hari), terhitung mulai hari Senin tanggal 16 – 29 Maret 2020. Khusus pendidik dan tenaga kependidikan tetap melaksanakan tugas seperti biasa.
  3. Ketentuan belajar mandiri di rumah bagi siswa bersifat dinamis.
  4. Setiap Instansi Pemerintah, Perguruan Tinggi, Perusahaan dan Masyarakat menyiapkan tempat cuci tangan yang dilengkapi disinfektan/sabun cuci, melakukan kebersihan lingkungan (membersihkan pegangan pintu, tangga, escalator, tombol lift, meja, wastafel, dan benda yang digunakan untuk umum), melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), melakukan sosialisasi lewat spanduk, poster dan bentuk lainnya tentang himbauan pencegahan Covid-19, tata cara cuci tangan dan etika batuk/bersin dan dilarang meludah sembarang tempat.
  5. Mengurangi kontak fisik secara langsung, seperti jabat tangan (disepakati dengan manangkupkan kedua belah tangan di depan dada atau bentuk lainnya), tidak melakukan cipika cipiki dan mengurangi kegiatan yang melibatkan banyak orang/mengundang massa.
  6. Dinas Kesehatan beserta Jajarannya untuk selalu aktif melakukan pemantauan melalui Tim Gerak Cepat dan Tim Siaga Covid-19.
  7. Upacara apel pagi/sore ditiadakan sementara sampai ada pemberitahuan lebih lanjut dan presensi kerja dilaksanakan secara manual.
  8. Untuk sementara tidak melaksanakan dan tidak menerima kegiatan kunjungan kerja.

Dalam surat edaran Walikota Salatiga, disebutkan beberapa nomor kontak Tim Siaga Covid-19 diantaranya adalah PSC 911 SMES : (0298) 3430000 / 081 81 81 91 119; dr. Tasfiah : 085 777 8584 83; Junaedi S.Kep., Ners : 081 642 58 56 3. Tim Siaga Covid-19 dapat dihubungi apabila ditemukan tanda – tanda/gejala yang diduga Covid-19.

Menindaklanjuti Surat Edaran Walikota Salatiga, berdasar data dihimpun beritaglobal.net, Kepala Dinas Pendidikan Kota Salatiga Yuni Ambarwati, S.H., mengeluarkan Surat Edara bernomor 420/1399/401 tentang Kesiapsiagaan dan Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) pada Satuan Pendidikan Kota Salatiga, dimana di dalam nya terdapat himbauan kepada seluruh peserta didik di mulai dari PAUD hingga SMA/SMK/MA dan SKB, PKBM, LKP, Bimbingan Belajar, untuk menjalankan pembelajaran mandiri di rumah selama 14 (empat belas hari), terhitung mulai hari Senin tanggal 16 Maret 2020 sampai dengan 29 Maret 2020. Serta menghimbau kepada seluruh pendidik dan tenaga kependidikan di wilayah Kota Salatiga tetap menjalankan upaya pencegahan dan menjaga kewaspadaan pada penyebaran Covid-19 di lingkungan Satuan Pendidikan. (Agus Subekti/Red)