Jelang Bulan Suci Ramadhan Masyarakat Desa Kecitran Berbagi Berkah

Iklan Semua Halaman

Jelang Bulan Suci Ramadhan Masyarakat Desa Kecitran Berbagi Berkah

Sunday, April 19, 2020
Gus Gio saat memberikan bantuan paket sembako kepada salah satu warga RT 01 RW 03 Dusun Legok, Desa Kecitran, Kecamatan Purworejo Klampok, Kabupaten Banjarnegara. (Foto: Dok. istimewa/Iwan)

Banjarnegara, beritaglobal.net - Menjelang bulan suci Ramadhan 1441 H  berbagai lapisan masyarakat berlomba - lomba untuk berbagi yang sifatnya ibadah dan berkah dari Allah SWT.

Hal ini tampak pada aktivitas sosial pemuda pemudi di wilayah RT 01 RW 03 Dusun Legok, Desa Kecitran, Kecamatan Purworejo Klampok, Kabupaten Banjarnegara, Minggu (19/04/2020).

Penyemprotan cairan disinfektan yang dikoordinir oleh Rino selaku Ketua RT 01 bersama Squad 0103. (Foto: Dok. istimewa/Iwan)

Kegiatan yang dikoordinir oleh Ketua RT, Rino (46), meliputi penyemprotan disinfektan ke lingkungan RT, pembagian masker dan pembagian sembako.

"Kegiatan ini kami melakukan penyemprotan disinfektan masal di wilayah kami yang telah secara rutin dilakukan setiap hari Minggu. Selain penyemprotan kami juga ada pembagian masker ke semua warga RT 01," ungkapnya.

Rino menambahkan bahwa selain penyemprotan dan bagi masker juga ada pembagian sembako untuk warga yang tidak mampu.

"Untuk dana penyemprotan dan bagi galon ini murni dari dana pribadi saya. Kalau untuk pembagian sembako dana dari warga dan pemuda RT 01 juga ada bantuan dari anggota DPRD Gus Gio," papar Rino.

Kegiatan penyemprotan di lakuan oleh Squad 0103 bersama Tagana Ansor, anggota Koramil dan Polsek Purworejo Klampok.

Sementara itu, saat dikonfirmasi, Anggota DPRD dari fraksi PKB Tugiyo atau yang lebih akrap disapa Gus Gio merasa takjub dengan kebersamaan masyarakat untuk bersama - sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Kegiatan ini sangat luar biasa dengan adanya musibah wabah Covid-19 semua bergerak khusus untuk RT 01, Dusun Legok Desa Kecitran. Saya sangat mengapresiasi dengan adanya pembagian galon, sembako juga masker dan kegiatan ini melibatkan unsur desa," kata Gus Gio pada beritaglobal.net, Minggu (19/04/2020) siang.

Keterlibatan anggota Babinsa Koramil Purworejo Klampok dan Bhabinkamtibmas Purworejo Klampok dalam aksi sosial warga RT 01 RW 03 Desa Kecitran, Kecamatan Purworejo Klampok. (Foto: Dok. istimewa/Iwan) 

Gus gio juga menghimbau kepada masyarakat, "Mari bersama bahu membahu memerangi pandemi Covid-19 ini. Pakailah masker saat beraktivitas di luar rumah, jangan bepergian bila tidak ada kepentingan yang mendesak. Bagi saudara - saudara di rantau, jangan mudik dulu," ungkapnya.

"Bila akan mudik, informasikan rencana kedatangan kepada Ketua RT, Kades, Bidan Desa atau Gugus Tugas penanganan Covid-19," tandasnya.

Hal senada dengan apa yang disampaikan Gus Gio juga disampaikan oleh Kuat Jatmiko selaku Kepala Desa Kecitran.

"Saya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan warga RT 01 RW 03 Dusun Legok. Bersama - sama mari kita perangi dan putus mata rantai pandemi Covid-19, menjelang bulan Ramadhan ini. Ini ada juga pak Parno dari Koramil dan pak Wawan dari Polsek Purworejo Klampok," tandas Kuat. (Iwan Setiawan)