Karangtaruna Kemiri Berperan Dalam Gotong Royong Semprotkan Cairan Disinfektan

Iklan Semua Halaman

Karangtaruna Kemiri Berperan Dalam Gotong Royong Semprotkan Cairan Disinfektan

Sunday, April 5, 2020
Aktivitas warga Dusun Kemiri, Desa Jetak, Kecamatan Getasan, menyemprotkan cairan disinfektan bersama dengan karangtaruna setempat. (Foto: Dok. istimewa/Makmun)

Ungaran, beritaglobal.net - Pandemi Covid-19 yang telah melanda negeri ini sudah berlangsung hampir satu bulan. Pencegahan mewabahnya virus ini adalah tanggung jawab semua pihak dari pemerintah, paramedis sampai pada masyarakat sendiri. Semuanya harus bergerak dan memiliki rasa peduli untuk mencegah penyebaran virus yang diketahui berasal dari Wuhan, Tiongkok.

Gerakan penyemprotan disinfektan adalah salah satu bentuk langkah pencegahan penyebaran virus ini. Salah satu dusun yang menyelenggarakan kegiatan semacam ini adalah Dusun Kemiri, Desa Jetak yang letaknya paling ujung berbatasan dengan Desa Samirono, Kecamatan Getasan.

Kegiatan ini berlangsung pada Hari Minggu (05/04/2020) pagi, dengan melibatkan para anggota karangataruna dan masyarakat sekitar. Penyemprotan dimulai dengan mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan seperti alat penyemprot, selang, cairan disinfektan dan APD.

Setiap rumah warga disemprot disinfektan dari halaman rumah, jalan tembus sampai kandang ternaknya. Dusun Kemiri mayoritas penduduknya adalah petani dan peternak sapi sehingga kandang ternak harus dijaga baik kebersihan dan kesehatannya. Baik bagi pemilik ternak dan hewan ternak itu sendiri.

Penyemprotan disinfektan ini merupakan gerakan serentak yang dikomando oleh pemerintah Desa Jetak, dari Kepala Desa, perangkat sampai Kepala Dusun.

Kusriyanto, Kepala Dusun Kemiri mengutarakan, "Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan terutama di Dusun Kemiri, dan mencegah virus corona agar jangan sampai masuk ke desa. Selain itu juga menyadarkan masyarakat bahwa wabah virus Corona adalah tanggung jawab kita bersama," terangnya.

Selain aktif melakukan sosialisasi cara pencegahan virus ini, dari  sering cuci tangan pakai sabun, jaga kesehatan diri dan keluarga, Pemdes Jetak juga menghimbau agar masyarakat terutama di Desa Jetak mengurangi kegiatan kegiatan yang melibatkan kerumunan atau orang banyak. (Makmun)