Ketua Fraksi PPP DPRD Kabupaten Semarang, Zainudin : Bantuan Wastafel Portable di Pasar - Pasar Agar Masyarakat Selalu Terapkan PHBS -->

code ads


Ketua Fraksi PPP DPRD Kabupaten Semarang, Zainudin : Bantuan Wastafel Portable di Pasar - Pasar Agar Masyarakat Selalu Terapkan PHBS

Sunday, April 19, 2020
Ketua Fraksi PPP DPRD Kabupaten Semarang, Zainudin saat melakukan dialog dan edukasi tentang Pandemi Covid-19 di dalam Pasar Kembangsari Baru didampingi oleh Dirut PDAM Kabupaten Semarang, Agus Wahid Hidayat. (Foto: Dok. Istimewa/Surya)

Ungaran, beritaglobal.net - Prihatin akan penyebaran wabah Covid-19 yang kian hari kian meningkat, Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan DPRD Kabupaten Semarang bersama Dirut PDAM Kabupaten Semarang, berikan bantuan wastafel portable di Pasar Kembangsari Baru, Minggu (19/04/2020).

Selain memberikan bantuan wastafel portable, Zainudin selaku Ketua Fraksi PPP DPRD Kabupaten Semarang juga kembali mengingatkan masyarakat dan pedagang yang berkunjung ke Pasar Kembangsari Baru, untuk selalu mengenakan masker saat berada diluar rumah.

"Sosialisasi dan edukasi terkait pencegahan penyebaran Covid-19 di Pasar Kembangsari ini kami lakukan bersama dengan Dirut PDAM Kabupaten Semarang, adalah yang terakhir. Kami selalu mengingatkan masyarakat agar terus menerapkan pola hidup sehat dan bersih, salah satunya adalah cuci tangan pakai sabun," ungkap Zainudin.

Dirinya bersama - sama dengan Agus Wahid Hidayat, S.T., M.Si., dan Lurah Pasar Kembangsari Baru, Guntur, juga melakukan dialog dengan masyarakat dan pedagang di Pasar Kembangsari tentang pentingnya penggunaan masker dengan benar dan tentang jarak fisik untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Mari kita bersama - sama untuk menghadapi penyebaran virus ini, agar cepat selesai. Tanpa kita semua peduli untuk terus mengingatkan, terlebih lagi seperti yang dipasar - pasar seperti ini, tentunya upaya kita semua untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, akan membutuhkan waktu yang lama," ungkapnya.

Untuk itulah dirinya berpesan kepada pengunjung pasar dan para pedagang, "Dengan membiasakan cuci tangan menggunakan sabun merupakan salah satu cara yang disarankan oleh WHO untuk pencegahan penyebaran virus Corona. Oleh karena itu, dengan wastafel yang kami serahkan ini, harapannya bisa bermanfaat, dan tolong untuk dirawat dan dijaga," pintanya.

"Saat memasuki rumah dari bepergian, segera tanggalkan pakaian, rendam dengan air sabun dan selalu menggunakan masker saat keluar dari rumah. Semua ini dilakukan dengan tujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona sehingga segala aktivitas segera pulih kembali kegiatan ekonomi menjadi normal," tegasnya.

Sementara itu, Agus Wahid Hidayat menyampaikan jika bantuan wastafel portable dan edukasi ke masyarakat di Pasar, adalah bagian dari peran serta membantu Pemkab Semarang dalam memberikan fasilitas jaringan air bersih untuk benar - benar diterapkannya PHBS selama pandemi Covid-19 belum berakhir.

Pentingnya Penggunaan Masker

Senada dengan Zainudin dan Agus, Guntur selaku lurah Pasar Kembangsari Baru menuturkan, "Kami atas nama pribadi dan lembaga, memohon kepada seluruh pihak yang berkenan membantu pengadaan masker untuk pedagang dan pengunjung Pasar Kembangsari," ucapnya.

Pihaknya telah memberlakukan aturan tegas tentang penggunaan masker bagi para pedagang di Pasar Kembangsari dengan menyuruh pulang bagi pedagang yang berjualan tidak mengenakan masker.

"Kami telah berupaya memberikan masker, kemarin ada sebanyak 300 buah masker yang kami adakan dan sedikit bantuan dari Pemkab Semarang, namun itu (masker), masih kurang untuk keseluruhan pedagang. Untuk itulah kami memberikan sanksi tegas, untuk pedagang yang tidak menggunakan masker, kami suruh pulang," tegas Guntur.

Dirinya merasa bersyukur, bahwa PDAM Kabupaten Semarang bersama dengan PPP, telah memberikan bantuan wastafel portable.

"Kami sangat berterima kasih atas bantuan wastafel dari PPP dan PDAM Kabupaten Semarang yang selalu mengingatkan masyarakat untuk terus menjalankan pola hidup bersih dan sehat. Karena menurut kami, kesehatan itu utama, kesehatan itu mahal harganya," tandas Guntur.

Atas adanya kegiatan edukasi yang dilakukan oleh Ketua Fraksi PPP DPRD Kabupaten Semarang dan Dirut PDAM Kabupaten Semarang, mendapat tanggapan positif dari pedagang Pasar Kembangsari Baru, seperti yang diungkapkan oleh Rondiyah selaku Humas Pedagang Pasar Kembangsari Baru.

"Kami selalu mengikuti himbauan pemerintah untuk menerapkan PHBS dengan cuci tangan pakai sabun dan selalu mengenakan masker yang telah diberikan ke kami. Kami sangat berterima kasih atas kepedulian dari angggota dewan, PDAM, dan segenap pihak yang telah membantu kami untuk tetap nyaman dan aman dalam menjalankan aktivitas perdagangan. Semoga semua ini cepat berlalu," kata Rondiyah. (Surya)