1,5 Ton Sayur Mayur Dari LPP Ngablak Bantu Warga Terdampak Covid-19 di Salatiga

Iklan Semua Halaman

1,5 Ton Sayur Mayur Dari LPP Ngablak Bantu Warga Terdampak Covid-19 di Salatiga

Saturday, May 30, 2020
Anggota MPC PP Kota Salatiga bersama LPP Ngablak saat membagikan paket sayur mayur kepada warga terdampak Covid-19 di Salatiga, Sabtu (30/05/2020). (Foto: Dok. istimewa/Na)

Salatiga, beritaglobal.net  - Lembaga Pemberdayaan Pemuda (LPP) Ngablak, Kabupaten Magelang menggandeng MPC Pemuda Pancasila Salatiga, dikala menyalurkan lebih kurang 1,5 ton sayur mayur holtikultura, dalam rangka berbagi dengan masyarakat terdampak Covid-19 di Kota Salatiga, Sabtu (30/05/2020).

Adalah Azis Mara, pencetus ide, sekaligus penghubung ke LPP Ngablak dengan MPC PP Kota Salatiga mengungkapkan, sayur mayur didatangkan dari petani kawasan Ngablak, Kabupaten Magelang lereng gunung Merbabu.

"Saya mencoba mengkomunikasikan kepada LPP Ngablak Kabupaten Magelang diketuai Reva yang ingin membantu sayur mayur bagi warga terdampak Covid-19 khususnya di wilayah Salatiga," kata Aziz Mara, yang memang kerap berkecimpung dalam berbagai kegiatan kemanusiaan.

Tidak dipungkirinya, sayur mayur juga menjadi sebuah kebutuhan manakala satu keluarga membutuhkan asupan gizi selain sembako lainnya ditengah pendemi Covid-19.

Gayung bersambut. Pihak LPP Ngablak menyambut baik. Hingga kemudian, Azis berkomunikasi ke Ketua Team Desk Covid-19 MPC PP Salatiga Adi Darma, dengan Koordinator Lapangan Benny.

Bersama MPC PP Kota Salatiga, yang sebelumnya telah membentuk Desk Covid-19 bertugas membantu Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Salatiga bermarkas di Pendopo Agung Bung Karno, kawasan DPRD Salatiga, bantuan pun dikawal penuh ke titik - titik daerah zona merah di Salatiga.

"Pendistribusian sayur mayur di hari pertama ini kita bawa sudah dalam bentuk bungkusan, agar lebih simpel. Total hari ini, 450 paket sayur mayur yang kita bawa dalam satu mobil pickup penuh tadi," tandasnya.

Ketua LPP Ngablak Reva Maulana saat dikonfirmasi menandaskan, berbagi di saat pandemi Covid-19 menjadi tujuan utama bersama anggota Karang Taruna Desa Ngeblak.

"Ini merupakan kegiatan perdana kami. Mengapa memilih sayur mayur, karena kami dikelilingi petani dengan tanaman huktikultura dan murni sumbangan dari kelompok tani Desa Ngablak. Kami berharap, ini akan terus berkala," pungkas Reva.

Sementara, Ketua Team Desk Covid-19 MPC PP Salatiga Adi Darma menambahkan, LPP Ngablak memberikan edukasi luar biasa kepada kita semua untuk peduli dan berbuat nyata untuk warga.

Dalam kegiatan ini Pemuda Pancasila Kota Salatiga ditunjuk untuk mengawal dan mendistribusikan ke beberapa lokasi yang berdampak langsung terkait dengan pandemi Covid-19.

"Hari ini kami bagikan di 4 titik yakni Blondo Celong, Macanan Guo dan 2 titik di Margomulyo. Total nya adalah 460 -  paket. Besok kami lanjutkan lagi di beberapa titik seperti Seruni dan lain - lain. Jumlahnya kurang lebih 600 - an paket sayur atau dalam 4 mobil pikup," tegas Adi Darma.

Diakuinya, apa yang dilakukan LPP Ngablak sangat positif dan pemerintah tidak boleh 'bergerak' sendiri.

Dalam pelaksanaannya, paket sayur mayur dibagikan kepada lingkungan pemukiman yang masuk dalam zona merah Covid-19. Rencananya, kegiatan serupa akan berlangsung hingga Minggu dengan jumlah paket sayur mayur lebih banyak lagi. (Na/Agus Subekti)