Pemkab Purbalingga Gandeng TNI Polri Laksanakan Rapid Test di Pasar Kutasari dan Pasar Bobotsari

Iklan Semua Halaman

Pemkab Purbalingga Gandeng TNI Polri Laksanakan Rapid Test di Pasar Kutasari dan Pasar Bobotsari

Thursday, May 28, 2020
Pelaksanaan rapid test di pasar hewan Kutasari oleh tim medis Puskesmas Kutasari diikuti oleh jajaran Forkopimcam Kutasari dan masyarakat yang ada di Pasar Kutasari. (Foto: Dok. Pendim 0702/Purbalingga)

Purbalingga, beritaglobal.net - Guna memutus rantai penyebaran Covid-19, Pemerintah Kabupaten Purbalingga melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, bersama - sama anggota Kodim 0702/Purbalingga dan anggota Polres Purbalingga, melaksanakan rapid test di beberapa pasar di wilayah Kabupaten Purbalingga, Kamis (28/05/2020).

Kegiatan ini (rapid test-red) yang didukung penuh oleh jajaran Kodim 0702/Purbalingga, disampaikan oleh Dandim 0702/Purbalingga Letkol Inf Yudhi Novrizal, S.I.P., M.Han., melalui Kepala Penerangan Kodim 0702/Purbalingga Sertu Satria Ferry Sonarya, kepada beritaglobal.net, Kamis (28/05/2020).

"Koramil 04/Kutasari dan Koramil 08/Bobotsari, turut mendampingi Tim Kesehatan yang melaksanakan pengecekan rapid test secara random di Pasar Hewan dan Pasar Umum yang berada di Kabupaten Purbalingga," ungkap Sertu Satria menirukan Dandim 0702/Purbalingga.

Dijelaskannya, Rapid test adalah metode screening awal untuk mendeteksi antibodi, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus corona. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus corona.

"Dengan kata lain, bila antibodi ini terdeteksi di dalam tubuh seseorang, artinya tubuh orang tersebut pernah terpapar atau dimasuki oleh virus corona, namun pembentukan antibodi ini memerlukan waktu, bahkan bisa sampai beberapa minggu," jelasnya.

Sementara itu, Danramil 04/Kutasari Kapten Arm Wahyudi Seno yang turut mendampingi kegiatan Rapid Test di Pasar Kutasari, memberikan himbauan kepada masyarakat di pasar.

"Pengunjung Pasar Hewan Kutasari agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan seperti wajib memakai masker saat keluar rumah, jaga jarak, dan cuci tangan menggunakan sabun, serta kurangi bepergian keluar rumah bila tidak mendesak, sehingga kita semua terjaga kesehatannya dengan berpartisipasi menyukseskan himbauan pemerintah," kata Wahyudi Seno.

Turut disampaikan Kapuskesmas Kutasari dr. Dorys Day, S.Km., "Kami dari Tim Kesehatan mengambil sempel 47 warga pengunjung pasar secara acak, termasuk Danramil dan Forkopimcam Kutasari juga ikut dirapid test dengan hasil negatif," jelasnya.

Rapid Test di Kecamatan Bobotsari

Pendampingan serupa juga dilakukan Koramil 08/Bobotsari beserta Forkopimcam Bobotsari melaksanakan pendataan para pedagang pasar, pedagang kelontong dan ruko, tukang ojek, tukang becak serta buruh pasar di wilayah Kecamatan Bobotsari.

Camat Bobotsari Sadono, S. Sos., M.si., mengatakan, "Pendataan ini berguna untuk mengetahui jumlah masyarakat yang beraktifitas di Pasar Bobotsari dan pertokoan di sekitar Pasar Bobotsari, nantinya akan diambil rapid test secara acak sebanyak 30% dari total jumlah keseluruhan pedagang," ungkapnya.

Menambahkan pernyataan Camat Bobotsari, Danramil 08/Bobotsari Kapten Arm Mindoko menyampaikan, "Kodim 0702/Purbalingga khususnya Koramil 08/Bobotsari siap membantu dan mensukseskan kegiatan rapid test yang akan diselenggaran oleh forkopimcam Bobotsari guna memutus penyebaran Covid-19," tandas Mindoko. (Iwan Setiawan)