Pemkab Temanggung Gencar Berikan Penyuluhan Pentingnya Memakai Masker di Masa Pandemi Covid-19

Iklan Semua Halaman

Pemkab Temanggung Gencar Berikan Penyuluhan Pentingnya Memakai Masker di Masa Pandemi Covid-19

Sunday, May 17, 2020
Seorang petugas dari Puskesmas Kranggan memasangkan masker kepada warga setempat dalam kegiatan penyuluhan pentingnya memakai masker di tempat umum di masa Pandemi Covid-19, di wilayah Kabupaten Temanggung. (Foto: Dok. istimewa/WHN)

Temanggung, beritaglobal.net - Kewaspadaan Pemerintah Kabupaten Temanggung dalam percepatan penanganan Pandemi Covid-19, diwujudkan dengan penyuluhan secara berkelanjutan ke masyarakat tentang pentingnya mengenakan masker saat di tempat umum.

Salah satu lokasi yang dinilai rawan untuk penyebaran Covid-19 adalah pasar, yang salah satunya adalah Pasar Kranggan. Untuk itulah, gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kecamatan Kranggan, menggandeng beberapa instansi seperti Dinas Kesehatan, Polsek, Koramil, dan Satpol PP untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya memakai masker di tempat umum.

Seperti disampaikan oleh Eko Suprapto selaku Koordinator Lapangan Penegakan Disiplin Pemakaian Masker di Tempat Umum Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung, kepada beritaglobal.net, Minggu (17/05/2020), kegiatan penyuluhan ini telah dilaksanakan sejak tanggal 11 Mei 2020 hingga tanggal 23 Mei 2020 mendatang.

"Kegiatan ini sudah berlangsung sejak tanggal sebelas kemarin. Sebelumnya kami memberikan penyuluhan di pasar Kranggan, masih banyak warga yang belum sadar betul mengenai bahaya Corona, bahkan masih banyak yang mengabaikan peran masker untuk kesehatan," papar Eko, disela pelaksanaan penyuluhan.

Dirinya juga menyampaikan bahwa masyarakat yang belum mengindahkan untuk menggunakan masker, diberi peringatan dan diminta untuk kembali ke rumah bila stok masker gugus tugas tidak tersedia.

"Kami berharap dengan adanya penyuluhan ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya Covid-19," pungkasnya.

Masih dalam kesempatan yang sama, salah satu petugas dari Puskesmas Kranggan, Kristin Tri Utami mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan ini warga akan menyadari arti kesehatan.

"Kami dari dinas kesehatan membagikan masker bagi warga yang melintas tidak memakai masker," ungkapnya. (Ratmaningsih)