Mina Sari Hias Berbagi Tips Memilih Indukan Ikan Maskoki yang Berkualitas -->

code ads


Mina Sari Hias Berbagi Tips Memilih Indukan Ikan Maskoki yang Berkualitas

Sunday, June 28, 2020
Aris, pelanggan ikan hias asal Purwokerto sedang memilih ikan hias di salah satu kolam Pokdakan Mina Sari Hias. (Foto: Iwan S/beritaglobal.net) 

PURBALINGGA, Beritaglobal.Net - Masih ingat Saringun? Warga Dusun Plemahan RT 04 RW 02, Desa Majasari, Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga, pelaku usaha ikan hias yang memulai usahanya dari dampak krisis ekonomi tahun 1998 lalu. Kini dirinya telah meraih cita - citanya, untuk bisa mandiri dengan usaha yang ditekuninya.

Kali ini, Saringun ingin berbagi tips bagaimana memilih indukan ikan maskoki yang bagus. Kepada beritaglobal.net, saat dirinya menjelaskan tentang tips memilih indukan ikan maskoki berkualitas, menyampaikan bahwa harga tidak bisa membohongi kualitas ikan yang akan kita budidayakan.

"Jangan takut beli barang mahal karena Rego nggowo Rupo (harga berpengaruh pada kualitas-red)," kelakar Saringun saat dirinya membuka percakapan, Sabtu (27/06/2020).

Kemudian, dirinya menunjukkan salah satu indukan ikan maskoki dari kolam di depan rumahnya.

"Ini mas, ikan harus benar - benar sehat badannya. Tidak boleh ada cacat, untuk dipijahkan, tidak boleh dari satu keturunan, karena anakanya akan kurang bagus dan cenderung menurun kualitasnya," papar Saringun seraya menunjukkan indukkan ikan maskoki.

Dijelaskannya lagi, bagaimana tentang memilih ikan jantan dan betina.

"Ikan jantan, memiliki sirip dayung yang cenderung kasar dan lebih besar dibanding betina. Ekor perut kasar atau menggeligir, jadi seperti ada garis tengahnya. Sedangkan ikan betina, sirip dayung lebih kecil. Untuk perut lebih empuk, lubang dubur lebih besar dan bulat kalau untuk pejantan lebih kecil dan agak memanjang," imbuhnya.

"Setelah itu, ikan kan tidak jalan ya...kita lihat cara dia berenang. Calon indukan yang baik, cara berenangnya tidak boleh miring - miring seperti orang kesurupan atau jalannya orang mabok," terangnya seraya bercanda.

Cara berenang ikan harus semampai, dilihat enak cara berenangnya. Yang bisa dilihat jelas secara visual atau kasat mata, warna calon indukan harus lebih cerah mas, secerah wajah kita kalau terima uang dari kiriman order besar, ujarnya.

"Pemilihan indukan ini sangat penting, ibarat pepatah orang dulu, bobot bibit bebet. Semakin kualitas indukan bagus, semakin bagus pula anak - anak ikan yang dihasilkan dan pastinya, semakin bagus pula rejeki pembudidayanya, hehehe...," jelas Saringun yang memang senang bercanda dan murah senyum.

Dirinya menjelaskan pula, Pokdakan Mina Sari Hias sudah menjadi langganan para pengecer ikan hias di Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banyumas dan sekitarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Aris (23), pelanggan Pokdakan Mina Sari Hias asal Purwokerto mengungkapkan alasannya beli ikan hias di Mina Sari Hias adalah harga yang terjangkau untuk pengecer dan kualitas ikan yang terjaga baik.

"Saya jauh dari Purwokerto ke Majasari, hanya beli ikan hias aja kok mas. Disamping harganya lebih terjangkau dan sangat menguntungkan untuk dijual lagi," paparnya.

"Kalau saya datang kesini bisa memilih sesuai yang saya inginkan. Disini karena tempatnya, maka setiap konsumen akan lebih leluasa memilih ikan," pungkasnya. (Iwan S)