Seluruh Personel Bhabinkamtibmas Polres Salatiga Jalani Rapid Test, Antisipasi Penularan Covid-19

Iklan Semua Halaman

Seluruh Personel Bhabinkamtibmas Polres Salatiga Jalani Rapid Test, Antisipasi Penularan Covid-19

Wednesday, June 10, 2020
Jalannya rapid test kepada 23 personel Bhabinkamtibmas Polres Salatiga di Klinik Bhayangkara Polres Salatiga, Rabu (10/06/2020). (Foto: Dok. Humas Polres Salatiga/ID)

Salatiga, beritaglobal.net - Sebanyak 23 orang personel Bhabinkamtibmas Jajaran Polres Salatiga, jalani rapid test. Rapid test ini, adalah sebagai antisipasi penularan Covid-19, terhadap para personel. Sebagai garda terdepan atau ujung tombak Polri, personel Bhabinkamtibmas memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, ditengah pandemi Covid-19 yang saat ini masih terus terjadi.

Hal ini disampaikan oleh Menurut Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat, S.S., dalam rilis diterima beritaglobal.net, Rabu (10/06/2020), melalui Kasubbag Humas Polres Salatiga, AKP Imam Djoko Lelono.

AKP Imam Djoko Lelono menyebut, jika rapid test terhadap 23 personel Bhabinkamtibmas dilaksanakan di Klinik Bhayangkara Polres Salatiga, pada hari Rabu (10/06/2020).

"Tadi pelaksanaan rapid test di Klinik Bhayangkara Polres Salatiga, Kapolres Salatiga juga turut hadir dalam acara tersebut," ungkap AKP Imam Djoko Lelono.

Ditambahkannya, bahwa pelaksanaan Rapid Test diawasi langsung Paurkes Polres Salatiga Iptu Mulyadi, A.Mk., didampingi oleh dr. Andrian Pratama.

Sementara itu, sesaat sebelum pelaksanaan Rapid Test, Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat, S.S., menyampaikan bahwa kegiatan Rapid Test dilakukan guna memastikan personel Bhabinkamtibmas dalam keadaaan sehat.

"Rapid Test ini juga dilaksanakan untuk meningkatkan moril para personel yang senantiasa bertugas dilapangan dan dekat dengan masyarakat banyak dari berbagai kalangan dan latar belakang,  tugas dan tanggung jawab personel  Bhabinkamtibmas sangatlah kompleks dalam memberikan pemahaman terhadap masyarakat, utamanya terkait penanggulangan Covid-19," imbuh orang nomor satu di Polres Salatiga ini, melalui Kasubbag Humas.

Prosentase kerentanan para personel Bhabinkamtibmas pada paparan Covid-19, masih tinggi, walaupun dalam setiap pelaksanaan tugasnya, (Bhabinkamtibmas-red) sudah ditekankan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, kata AKBP Rahmad Hidayat.

“Polisi sebagai salah satu pihak yang memberikan penanganan terhadap pasien Covid-19 yang berkaitan dengan tugas kepolisian, khususnya personil  Bhabinkamtibmas sebagai garda terdepan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, maka merekalah yang pertama dan diprioritaskan untuk menjalani Rapid Test,” jelas AKBP Rahmad Hidayat.

Apabila nantinya sarana dan prasarana Rapid Test terpenuhi, direncanakan seluruh personel Polri Polres Salatiga akan dilakukan rapid test, tutup AKBP Rahmad Hidayat, S.S.

Aipda Saiful Bahri yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Tegalrejo mewakili seluruh Jajaran Bhabinkamtibmas menyambut baik dan mengucapkan banyak terimakasih atas adanya rapid test bagi Personil Bhabinkatibmas.

"Kita selalu was - was ketika bertugas dilapangan walaupun sudah mentaati protokol kesehatan, dengan adanya rapid test ini menjadi dukungan moril bagi seluruh jajaran bhabinkamtibmas guna memastikan tidak terpapar Covid-19," ungkapnya.

Paurkes Polres Salatiga menyampaikan bahwa dari Rapid Test terhadap 23 Personel Bhabinkamtibmas hasilnya dinyatakan seluruhnya Non Reaktif, dengan hasil tersebut diharapkan menjadi dukungan moril bagi jajaran Bhabinkamtibmas untuk tetap semangat dalam melaksanakan tugas dan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Dengan senantiasa memakai masker saat bertugas dan rajin cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, selain itu hindari bersentuhan langsung dengan warga saat sambang dialogis dengan masyarakat," pesan Iptu Mulyadi. (Agus Subekti/Red)