Turut Sambut HUT Bhayangkara ke 74 Tahun 2020 Polres Salatiga, Mbah Saman Tempati Rumah 'Baru'

Iklan Semua Halaman

Turut Sambut HUT Bhayangkara ke 74 Tahun 2020 Polres Salatiga, Mbah Saman Tempati Rumah 'Baru'

Monday, June 22, 2020
Kapolres Salatiga bersama Jajaran Polres Salatiga, perwakilan Kodim 0714/Salatiga, perwakilan Dinsos Kota Salatiga dan mbah Saman, berfoto bersama seusai meresmikan bedah rumah mbah Saman dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke 74. (Foto: Dok. Humas Polres Salatiga/ID)

SALATIGA, Beritaglobal.Net - Hati siapa yang tidak gembira, manakala rumah yang awalnya tidak laik huni, menjadi bagus dan laik huni dari hasil gotong royong anggota Polres Salatiga, dalam rangka menyambut HUT ke 74 Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Adalah Saman atau yang akrab disapa mbah Saman oleh warga Wiroyudan RT 03 RW 06 Kelurahan Tingkir Tengah, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga akhirnya dapat menempati rumahnya, setelah menanti 20 hari saat direnovasi oleh anggota Polres Salatiga.

Disampaikan Kasubbag Humas Polres Salatiga AKP Imam Djoko Lelono kepada beritaglobal.net, Senin (22/06/2020), Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat, S.S., meresmikan langsung penyelesaian bedah rumah mbah Saman yang berukuran 7,5 X 5,5 meter persegi.

"Setelah dilakukan renovasi oleh jajaran Polres Salatiga, saat ini kondisinya sudah jauh lebih layak huni, dan langsung diresmikan oleh Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat," ungkap AKP Imam Djoko Lelono.

Masih kata Imam Djoko Lelono, penanggung jawab bedah rumah mbah Saman yang diemban oleh Kasat Lantas Polres Salatiga AKP Yuli Anggraini, S.H., M.Si., renovasi yang telah dimulai sejak Kamis (11/06/2020) lalu, melibatkan puluhan personel Polres Salatiga dan Polsek Tingkir dengan dibantu warga sekitar.

"Selain atap bangunan atau genteng dirombak total, juga telah dibuatkan kamar tidur dan kamar mandi, selain itu lantai yang tadinya masih berupa tanah juga sudah dipadatkan dengan plester semen, untuk menambah asri juga dilakukan pengecatan," jelas Kasat Lantas AKP Yuli Anggraini, S.H., M.Si selaku penanggung jawab bedah rumah melalui AKP Imam Djoko Lelono, Senin (22/06/2020).

Sementara itu, saat meresmikan selesainya bedah rumah mbah Saman, Kapolres Salatiga menyampaikan, bedah rumah milik Mbah Saman dalam rangka pengabdian kepada masyarakat memperingati hari jadi Bhayangkara ke-74 tahun 2020.

"Kegiatan ini kita harapkan dapat memberikan manfaat bagi warga Kota Salatiga, khususnya bagi keluarga yang kurang mampu dan memiliki tempat tinggal yang kurang layak," kata AKBP Rahmad Hidayat.

Kapolres Salatiga berharap, semoga dengan bantuan ini keluarga yang kita berikan dukungan bantuan dapat hidup lebih layak, lebih produktif dan sehat selau. Kegiatan ini juga mendapatkan dukungan dari Dinas Sosial Kota Salatiga dan jajaran TNI serta masyarakat sekitar, sehingga sinergitas kebersamaan ini bisa menjadi modal besar untuk mensejahterakan masyarakat, jelas orang nomor satu di Polres Salatiga.

Lebih lanjut Kapolres Salatiga menegaskan bahwa Polres Salatiga akan bersinergi dengan instansi terkait apabila nantinya ada masyarakat yang perlu mendapat bantuan, akan kita upayakan mendapatkan bantuan untuk memastikan masyarakat dapat lebih bisa memiliki rumah yang lebih layak huni, tambah Kapolres.

Seusai peresmian, saat ditemui mbah Saman hanya bisa mengucapkan banyak terimakasih, saat ini rumahnya sudah sangat lebih baik, lebih nyaman untuk ditempati, tidur lebih nyaman karena ada kamarnya, dan ke kamar mandi juga tidak takut kepleset.

"matur nuwun atas segala kebaikan dari pak Polisi, semoga Allah membalas yang lebih baik," ungkapnya penuh haru.

Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat, S.S., yang dihubungi ditempat terpisah menandaskan kembali bahwa renovasi rumah warga yang kurang mampu yang dilaksanakan jajaran Polres Salatiga merupakan wujud pengabdian dan kepedulian anggota Polri terhadap masyarakat, sekaligus dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-74 Tahun 2020.

"Semoga dengan kegiatan sosial yang selalu dilaksanakan Kepolisian, khususnya ditengah pandemi Covid-19 dapat berdampak langsung, lebih mendekatkan diri dengan masyarakat. Terjalin kemitraan dan lebih mencintai Polri, dan Polri mampu mewujudkan menjadi pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat," tandas AKBP Rahmad Hidayat. (Agus Subekti/Red)