PDM Kota Salatiga Kembangkan Studio Pembelajaran Daring, Makin Teguhkan Salatiga Sebagai Kota Pendidikan -->

code ads


PDM Kota Salatiga Kembangkan Studio Pembelajaran Daring, Makin Teguhkan Salatiga Sebagai Kota Pendidikan

Thursday, July 9, 2020
Wakil Walikota Salatiga Muh Haris, S.S., M.Si, memotong pita peresmian Studio SMP Muhammadiyah Plus didampingi oleh KH. Usman Haryono. (Foto: Dok. istimewa/Mim)

SALATIGA, Beritaglobal.Net - Metode proses belajar mengajar secara online dinilai sebagai langkah yang tepat di tengah situasi Pandemi COVID-19 seperti saat ini. Hal ini, disampaikan oleh Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris, S.S., M.Si., saat bertindak atas nama Wali Kota meresmikan Studio Pembelajaran Daring bagi seluruh siswa SD, SMP, SMA dan SMK Muhammadiyah di Kota Salatiga pada hari Kamis (09/07/2020).

"Hari ini belum pada situasi new normal melainkan masih dalam situasi yang relatif berbahaya. Sehingga adanya peresmian pembelajaran daring ini sebagai langkah yang tepat dan sangat baik. Keberadaan COVID-19, membuat kita harus merubah dan berinovasi dalam semua aspek kehidupan, baik kehidupan berbudaya, ekonomi, pendidikan bahkan beragama," tutur Muh Haris saat menyampaikan sambutannya melalui video conference di SMP Muhammadiyah Plus.

Peresmian ini juga diikuti oleh seluruh Guru dan Kepala Sekolah Muhammadiyah Plus dari berbagai jenjang, melalui layar video di sekolah masing - masing.

Hadirnya Muhammadiyah dengan sekolah - sekolahnya di Kota Salatiga, lanjut Muh Haris, dinilai sangat membantu Pemerintah dalam meneguhkan Kota Salatiga sebagai kota pendidikan.

"Kontribusi dalam bidang pendidikan yang dilakukan Muhammadiyah sampai hari ini sungguh sangat berarti, apalagi tidak hanya hadir sebagai kelembagaan, tapi juga secara kualitas sehingga bisa menunjukkan bahwa Salatiga melalui bidang pendidikan telah memberikan banyak inspirasi bagi daerah-daerah lain," terangnya.

Pada kesempatan itu, Muh Haris menyampaikan bahwa pembelajaran jarak jauh tersebut dimungkinkan akan berlangsung hingga Desember 2020. Untuk itu, ia menitipkan seluruh anak didik kepada wali murid untuk belajar dari rumah.

"Kami sadar betul bahwa jika putra putrinya tidak bersekolah, tentu akan menambah kesibukan para wali murid. Namun mari kita pahami bersama selama sebelum ada kebijakan baru dari Pemerintah Pusat dan Provinsi terkait penyebaran COVID-19 maka kami masih akan menyelenggarakan pembelajaran daring ini," pesannya.

Sebelumnya, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Salatiga H. Imam Sutomo menyampaikan bahwa sistem belajar mengajar saat ini harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Dengan guru yang cerdas kreatif maka siswa akan merasa enjoy dalam belajar. Memanfaatkan momen COVID-19, PDM meresmikan studio pembelajaran Daring dengan tema: Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) Salatiga Terdepan dalam Sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan Inovasi dan Kreasi Teknologi Digital pada Masa Pandemi COVID-19.

Selanjutnya, pemotongan pita tanda peresmian dilakukan secara serentak, yakni di Studio SD Muhammadiyah Plus oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Dra. Sri Satuti, M.M., dan ketua PDM Kota Salatiga H. Imam Sutomo, Studio SMP Muhammadiyah Plus diresmikan oleh Wakil Walikota Salatiga, Muh Haris, S.S., M.Si., dan KH. Usman Haryono.

Di SMP Muhammadiyah Cempaka, studio pembelajaran diresmikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Salatiga Yuni Ambarwati, S.H. Studio SMA Muhammadiyah Plus oleh Ketua PWM Jateng KH Tafsir dan Ketua Majelis Dikdasmen PWM Jateng Iwan Djunaidi. Sementara Studio Pembelajaran di SMK Muhammadiyah Salatiga diresmikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah H. Jumeri. (Mim)