Polres Salatiga Peringati Hari Bhayangkara ke-74, Secara Virtual Langsung Dengan Istana Presiden -->

code ads

Polres Salatiga Peringati Hari Bhayangkara ke-74, Secara Virtual Langsung Dengan Istana Presiden

Wednesday, July 1, 2020
Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat, S.S., beserta Wakil Walikota Salatiga Muh. Haris, S.S., M.Si., dan Jajaran Forkopimda Salatiga, mengikuti upacara peringatan Hari Bhayangkara ke 74 secara virtual dengan Istana Negara Republik Indonesia, di ruang Vicon Polres Salatiga, Selasa (01/07/2020). (Foto: Dok. Humas Polres Salatiga)

SALATIGA, Beritaglobal.Net - Peringatan Hari Bhayangkara ke - 74 tahun 2020 dilaksanakan secara virtual dari Istana Republik Indonesia. Meski demikian, upacara yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo, tetap berjalan dengan penuh khidmad dengan peserta seluruh Jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Instansi samping di masing - masing wilayah, Selasa (01/07/2020).

Kepada beritaglobal.net, Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat, S.S., melalui Kasubbag Humas Polres Salatiga AKP Imam Djoko Lelono menyampaikan, Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Salatiga menggelar Acara Hari Bhayangkara Ke-74 di Ruang Vicon Polres Salatiga yang dihadiri oleh Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat, S.S., yang didampingi Jajaran Forkopimda Kota Salatiga, Ketua DRPD Kota Salatiga Dance Iskak Palit, M.Si., Wakil Walikota Salatiga Muh Harris, S.S., M.Si., Kasdim Mayor Supriyono, Ketua PN Salatiga Riyono, S.H., M.H., Kajari Gede Edy Bujanayasa, S.H., M.H., Wakapolres Salatiga Kompol I Ketut Tutut, S.H., Kabag Ops Kompol Sairi, S.H.

"Acara dimulai dengan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan pemberian peghargaan Bintang Bhayangkara Narariya kepada Personel Polri yang telah berjasa besar dalam pengabdiannya dengan keberaniannya di Kepolisian," ungkap Kapolres Salatiga melalui AKP Imam Djoko Lelono.

Ditambahkan Kapolres Salatiga, dalam amanatnya, Presiden RI menyampaikan selamat Hari Bhayangkara ke - 74 bagi seluruh personel polri dimanapun berada, semoga Polri makin jaya. Sebagai bangsa pejuang, kita tidak boleh menyerah, Pandemi Covid-19 merupakan cobaan yang berat, kita harus bekerja keras untuk membangun kebersamaan .

"Peran serta Polri sangat diperlukan mulai dari Mabes, Polda hingga Bhabinkamtibmas untuk mengingakan masyarakat agar disiplin mematuhi protokoler kesehatan, lakukan tugas dengan persuasif dan humanis namun tetap waspada dan tegas dengan mengedepankan profesionalitas," ungkap Ir. Joko Widodo dalam amanatnya.

"Jadikan keselamatan Rakyat merupakan  hukum tertinggi. Aspek pencegahan harus lebih dikedepankan, namun apabila sudah ada niat untuk korupsi gigit saja, apalagi ditengah pandemi Covid-19 saat ini. Polri akan menghadapi tantangan yang sangat berat mulai dari kejahatan konvensionl dan lintas negara, potensi gangguan kamtibmas khususnya terkait pilkada harus diwaspadai. Polri saat ini sudah jauh lebih baik, lanjutkan reformasi ditubuh kepolisian agar lebih profesional modern dan terpercaya," imbuh Presiden RI.

Presiden Joko Widodo, menyampaikan 7 instruksi kepada Jajaran POLRI, diantaranya :
1. Terus pegang teguh serta amalkan nilai - nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya dalam setiap pelaksanaan tugas, jaga kehormatan, jaga kepercayaan, jaga kebanggan sebagai Anggota Polri.
2. Terus lakukan reformasi diri secara total, bangun sustem dan tata kelola yang partisipasif, transparan dan akuntabel, serta bangun kultur Polri Kerja, Polri yang Promoter.
3. Terus Mantabkan soliditas internal dan perkuat sinergi dengan TNI dan seluruh elemen masyarakat untuk  menghadapi tantangan yang semakin komplek.
4. Terus terapkan Strategi Proaktif dan tindakan persuasif dan humanis dalam menangani masalah spesial yang terjadi ditengah masyarakat.
5. Terus tingkatkan pelayanan publik yang modern dan profesional, lakukan penanganan hukum secara transparan dan berkeadilan sehingga Polri semakin dipercaya masyarakat.
6. Terus jaga kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan protokoler kesehatan agar masyarakat produktif dan aman dari Covid-19.
7. Polri harus mendukung proses pemulihan ekonomi nasional, sesuai kewenangan Polri dengan penuh tanggung jawab.

Selesai memberikan amanat, Presiden Republik Indonesia berialog secara virtual dengan beberapa Polres di Indonesia antara lain, Polres Sabang, Polres Pulang Pisau, Polres Talaud, Polres Rote Ndao, Polres Gunung Kidul dan Polres Meruake terkait dengan situasi kamtibmas dan penaganan covid19.

Untuk Jajaran Polres Salatiga setelah pelaksanaan acara secara virtual dilanjutkan dengan syukuran secara sederhana dengan pemotongan tumpeng di Pendopo Polres Salatiga. (Darwanto/Red)