Baturaden Diserbu Pengunjung Selama Libur Panjang -->

code ads

Baturaden Diserbu Pengunjung Selama Libur Panjang

Thursday, October 29, 2020

 


Banyumas, Beritaglobal.net - Tempat wisata rupanya telah mulai ramai kembali. Pengelola daya tarik wisata dan usaha pariwisata mulai bersiap menerima kunjungan wisatawan baik dari dalam daerah maupun dari luar Jawa Tengah. Hal tersebut terpantau langsung oleh pihak Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah yang hari ini mengadakan kunjungan ke obyek wisata Baturraden, Banyumas, Jumat (30/10/2020).

Pada saat pemantauan kondisi cukup ramai, namun para petugas tempat wisata bersama aparat keamanan telah siaga untuk mengingatkan pengunjung akan pentingnya protokol kesehatan.

Meskipun sudah mulai dibuka, namun pihak pengelola wisata  menerapkan peraturan   3M (Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak) sebagai syarat bagi para pengunjung yang ingin masuk.  Salah satu yang diminati oleh masyarakat menghadapi libur panjang ini adalah Baturraden, yang dikenal dengan kesejukan udaranya dan indahnya tujuh  air terjun yang menjadi daya tarik tempat wisata yang berada di Utara Kota Purwokerto  tersebut. Untuk Mengantisipasi penyebaran Covid 19, pihak pengelola terlihat  melakukan serangkaian kajian serta simulasi dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Tidak hanya penerapan protokol kesehatan, demi membuat para pengunjung merasa nyaman dan aman, dari jajaran kepolisian terlihat juga sibuk ikut mengamankan di wisata Baturaden yang mulai diserbu masyarakat yang ingin liburan bersama keluarganya.

" Untuk tempat-tempat wisata di daerah Banyumas, terutama di Kawasan Baturraden ini telah dicanangkan wisata siaga candi sejak 17 September 2020 hingga selamanya, yang bertujuan untuk penerapan protokol kesehatan di lokal wisata Baturraden ini." Ungkap Kasatbinmas Polresta Banyumas, Kompol Wahyono.


Hal sama juga disampaikan Kasubag TU UPTD wisata Baturaden Samingin, dirinya menjelaskan selain protokol kesehatan, kenaikan pengunjung ketika libur panjang saat ini  meningkat mencapai 150% dibanding hari biasa. Menurutnya terhitung 1.924 tiket telah habis terjual per 28 oktober 2020 kemarin.

" Tercatat oleh pihak penjaga tiket, pada liburan kali ini ada kenaikan drastis dibandingkan hari biasa, yang biasanya  pengunjung rata-rata pada hari kerja (senin-jumat ) hanya 150 - 300 pengunjung per hari, sedangkan pada saat hari libur (sabtu-minggu) 500 - 1.000 pengunjung per hari. Lonjakan pengunjung yang sangat tinggi ini menunjukkan antusias masyarakat terhadap dunia hiburan dan selama libur panjang cuti bersama ini seakan-akan terpenuhi, mengingat jika sebelum masa pandemi jumlah pengunjung pada libur panjang bisa mencapai 3.000 pengunjung, maka hal tersebut dianggap wajar," ungkapnya.

Seiring dengan adanya pengunjung pada libur panjang ini secara otomatis perputaran ekonomi di sekitar Baturraden cukup mengalami kenaikan bila dibandingkan hari - hari biasa, dan diperkirakan puncak keramaian akan  terjadi pada hari sabtu & minggu besok.

" Kami pihak pengelola sudah siap jika nanti adanya kelonjakan pengunjung wisatawan dari Jawa Tengah maupun luar Jawa Tengah untuk menikmati kesejukan udara Baturraden," pungkas Samingin
(Laporan Wawan . Editor Iwan )