Friday, December 4, 2020, 12/04/2020 11:21:00 PM WIB
Last Updated 2020-12-04T16:21:43Z
DAERAHNEWS

Ditinggal Tugas Dipapua Rumah Anggota TNI Terendam Banjir

Advertisement

 


PURBALINGGA,Beritaglobal.net-Banjir yang terjadi pada Kamis dini hari, (3/12/2020) diakibatkan karena meluapnya aliran Sungai Klawing salah satunya terjadi di wilayah kecamatan Kemangkon, wilayah tersebut dilaporkan merupakan salah 1 wilayah yang cukup parah terdampak banjir kali ini.


Wilayah yang terdampak banjir diantaranya yaitu ada di kompleks Perumahan Puri Pesona RT 01/RW 07 Desa Toyareka Kecamatan Kemangkon. Banjir yang terjadi sebetulnya dimulai Rabu malam, (2/12/2020) sekira pukul 22.00 WIB namun menjelang Kamis dinihari (3/12/2020), air bukannya semakin surut tetapi debit air justru makin meningkat sehingga rata-rata perumahan warga di kompleks tersebut terendam air setinggi dada manusia dewasa.

Tak ayal beberapa barang berharga nyaris tidak dapat terselamatkan karena cuaca saat itupun masih turun hujan dan aliran lampu PLN padam sehingga sedikit membuat pergerakan evakuasi terhambat.



Pelda Catur anggota Kodim 0702/Purbalingga, salah 1 penghuni kompleks perumahan tersebut menuturkan, banjir seolah mengepung dirinya.


"Air mulai pasang sekitar pukul 22.00 WIB, debit air naik dengan cepat, kami pun tak sempat banyak mengamankan barang pribadi karena air ada dimana-mana seolah mengepung wilayah kami. Beberapa barang elektronik, kasur bahkan buku anak sekolah kami pun banyak yang terendam air, lebih tragis lagi rumah di sebelah kami yaitu milik Serka Agus Mahfudin anggota Kodim 0702/Purbalingga  yang saat ini sedang melaksanakan penugasan sebagai Satgas Operasi teritorial di Papua, rumahnya  ikut terendam banjir padahal ada barang pribadi namun rumah tidak dihuni," jelasnya.


Serka Agus Mahfudin salah 1 anggota Koramil 01/Purbalingga, Kodim 0702/Purbalingga yang mendapat kehormatan berangkat tugas di Papua, rumahnya dalam kondisi kosong karena istri dan anaknya tinggal dengan mertuanya di daerah Kutasari.


Mendapati laporan tersebut, rekan 1 koramilnya setelah berkoordinasi dengan istri Serka Agus segera mendatangi lokasi rumahnya dan membantu melaksanakan pembersihan pasca terjadinya banjir yang merendam rumahnya.


Seperti diungkapkan oleh Pelda Ihyaudin Batituud Koramil 01/Purbalingga yang bersama anggotanya turut membersihkan rumah Serka Agus menuturkan," menjadi kewajiban kami rekan yang ada disini untuk membantu, kami dari Koramil 01/Purbalingga tadi bersama istri Serka Agus membersihan lumpur dan barang yang terendam banjir  setelah membantu pembersihan juga di rumah warga wilayah binaan kami Desa Toyareja yang sama kondisinya pasca terendam banjir," ungkapnya.


( Fri / Iwan )