Sunday, December 13, 2020, 12/13/2020 07:19:00 AM WIB
Last Updated 2020-12-13T00:21:40Z
DAERAHNEWS

Hujan Deras Kembali Guyur Purbalingga Sebabkan Beberapa Bencana

Advertisement





PURBALINGGA , Beritaglobal.net - Wilayah Kabupaten Purbalingga sedari siang kembali diguyur hujan dengan intensitas tinggi, hal ini berdampak beberapa aliran sungai mulai naik debit airnya,(12/12/2020).


Salah 1 wilayah yang sudah terpantau mulai terdampak banjir ada di wilayah Desa Selanegara Kecamatan Kaligondang, tepatnya di depan SMK N 1 Kaligondang.


Naiknya debit Sungai Langkap di sebelah SMK N 1 Kaligondang membuat Jalan Raya Kaligondang-Pengadegan arus lalu lintas tersendat, hal ini karena air meluap menutupi jalan raya di wilayah tersebut.



Seperti disampaikan oleh Pelda Waluyo selaku Babinsa Koramil 02/Kaligondang tentang kejadian ini bahwa salah 1 dampak terjadinya hujan sejak siang hari membuat beberapa wilayah terdampak banjir serta bencana lainnya.


"Hujan terjadi sejak siang sekitar pukul 14.00 WIB dengan intensitas yang cukup tinggi, hal ini membuat beberapa wilayah mulai tergenang banjir. Salah 1 wilayah yang sudah tergenang banjir ada di depan SMK N 1 Kaligondang, jalan tertutup luapan air Sungai Langkap dengan ketinggian sekitar 40 cm, hal ini membuat arus lalu lintas sedikit tersendat. 


Babinsa, Bhabinkamtibmas, Tim SAR, masyarakat dan relawan turut membantu mengatur arus lalu lintas, malam ini Babinsa Koramil 02/Kaligondang turut memonitor wilayah binaannya masing-masing karena Sungai Klawing sering meluap bila hujan turun di wilayah hulu dengan intensitas tinggi dan biasanya juga  mengakibatkan banjir di wilayah Kaligondang.



Sejauh ini dapat dilaporkan situasi masih terkendali walaupun beberapa tempat sudah ada yang mulai tergenang banjir, selain banjir wilayah Desa Arenan Kecamatan Kaligondang, juga dilaporkan ada pohon tumbang menimpa rumah warga tepatnya rumah milik Daryanto yang tertimpa pohon kelapa dan albasia, rumah milik Miskam tertimpa pohon kelapa dan bambu kemudian Madsahri rumahnya tertimpa pohon albasia, lokasi kejadian berada di wilayah RT 01/RW 01 Kadus 1 Desa Arenan Kecamatan Kaligondang. Kejadian sekitar pukul 14.15 WIB, karena turun hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang," ungkapnya.


Hal ini turut dibenarkan oleh Ozi salah satu relawan  MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) yang juga turun ke lokasi kejadian untuk  melaksanakan assesment dan rescue," sementara dilaporkan tidak ada korban jiwa, untuk kerugian material masih dalam pengecekan, selanjutnya rencana evakuasi awal akan dilakukan malam ini, prioritas pohon yang posisinya mengkhawatirkan dapat menimbulkan kerugian tambahan, hal ini  dilaksanakan mengingat penerangan yang terbatas dan cuaca masih turun hujan," tambahnya.


(Fery pdm / Iwan )