Thursday, December 24, 2020, 12/24/2020 01:55:00 AM WIB
Last Updated 2020-12-23T18:58:06Z
DAERAHNEWS

Jelang Natal 2020 Polres Banjarnegara Sterilisasi Belasan Gereja

Advertisement


Banjarnegara , Beritaglobal.net – Polres Banjarnegara melakukan sterilisasi belasan gereja menjelang natal 2020, di Gereja yang ada di Wilayah Banjarnegara, Selasa (22/12/20). Petugas memakai atribut lengkap membawa metal detector, inspection mirror dan anjing pelacak K-9, satu per satu petugas melakukan penyisiran di seluruh sudut gereja termasuk gudang dan pohon natal.




Kapolres Banjarnegara AKBP. Fahmi Arifrianto,. SH, SIK, MH, M.Si melalui Kabag Ops AKP Sardoyo, SH, MH mengatakan, sterilisasi tersebut dilakukan guna memberikan rasa aman dan nyaman umat kristiani saat menunaikan rangkaian ibadah pada hari natal 2020.






“Ini bentuk daripada pemenuhan SOP sebagaimana yang harus dilaksanakan oleh kepolisian untuk memberikan rasa aman, nyaman dan kondusif kepada para jemaah,” katanya.




Ia mengungkapkan, sterilisasi gereja di pimpin Kasatgas Preventif AKP Agustinus Krisdwiantoro SH. Petugas melakukan sterilisasi juga memeriksa persiapan soal protokol kesehatan di gereja-gereja itu.


“Tempat cuci tangan harus memadai, tempat duduk harus berjarak, mewaspadai kerumunan jemaat di tempat-tempat mencuci tangan sehingga harus ada petugas yang mengawasi dan mengatur,” ujarnya.





Sementara itu, Ketua Badan Persekutuan Gereja-Gereja (Baperja) Kabupaten Banjarnegara Pendeta Yakobus Dwi Martyanto Saputro mengapresiasi langkah kepolisian melakukan pengamanan dan sterilisasi gereja. Langkah tersebut diharapkan dapat memperlancar kegiatan ibadah umat nasrani pada perayaan Natal tahun ini. Pun pihak gereja juga sudah menyiapkan sarana prasana protokol kesehatan untuk meminimalisasi penyebaran covid-19.




“Kami merasa dilindungi dan semoga nanti ibadahnya bisa berjalan aman dan nyaman,” ucapnya.(HMS / IWAN )