Thursday, December 17, 2020, 12/17/2020 04:59:00 AM WIB
Last Updated 2020-12-16T21:59:36Z
BERITA DAERAHBREAKING NEWS

Kerusuhan di PT. VDNI, Katam Nilai ada Kekeliruan

Advertisement

 


Kendari, Beritaglobal.net - Sebelumnya kerusuhan terjadi di Perusahaan Mega Industri PT. Virtue Dragon Nickel Industri (VDNI) yang menyebabkan rusaknya beberapa alat dan fasilitas perusahaan, serta di amankannys beberapa oknum yang diduga oleh pihak kepolisian sebagai provokator, (17/12).

Hal ini pun mendapatkan tanggapan dari Kordinator Presidium Konsorsium Advokasi Tambang (KATAM) Nizar Fachry Adam yang menilai ada kekeliruan dalam manajemen perusahaan tersebut, khususnya terkait fungsi kontrol terhadap Tenaga kerja lokal.

"Kerusuhan di PT. VDNI terjadi karena ada fungsi kontrol yang hilang dalam manajemen perusahaan tersebut khususnya terkait persoalan Tenaga kerja," jelas Aktivis nasional yang malang melintang memperhatikan sektor Pertambangan.

Ia menambahkan perlunya perombakan secepatnya, dengan mendorong komunikasi dua arah antara Tenaga Kerja dan pihak PT. VDNI yang di jembatani Pemerintah Daerah.

"Pemerintah Daerah secepatnya mesti mengabil peran untuk membangun komunikasi dua arah antara pihak manajemen Perusahaan dan Tenaga kerja lokal yang menuntut hak," harapnya.

Lanjutnya ketika tidak di akomodirnya tenaga kerja dengan baik maka hal seperti kemarin dapat berulang terjadi, dan ia merasa semua pihak mesti bertanggungjawab atas terjadinya kerusuhan ini.

"Semua pihak mesti bertanggungjawab atas hal ini dan jangan ada saling tuduh menuduh agar persoalan ini tak melebar," tutupnya