Monday, December 21, 2020, 12/21/2020 01:16:00 PM WIB
Last Updated 2020-12-21T06:16:40Z
DAERAHNEWS

Puluhan Warga Desa Jingkang Diungsikan Akibat Tanah Longsor

Advertisement




PURBALINGGA
, Beritaglobal.net – Akibat terjadinya hujan deras yang terjadi beberapa hari belakangan ini di wilayah Kabupaten Purbalingga salah satunya mengakibatkan bencana longsor di Dusun Menganti RT 06/RW 02 Desa Jingkang, Kecamatan Karangjambu.



Dampak dari adanya bencana ini puluhan warga mengungsi karena akses jalan masuk ke pemukiman tertutup material longsor dan ada 3 rumah yang kondisinya rawan terancam ikut terbawa longsor karena bersebelahan dengan posisi tebing yang longsor.




Seperti dilaporkan Sertu Sebo Kahono selaku Babinsa Koramil 09/Karangreja untuk Desa Jingkang saat dikonfirmasi tentang kondisi bencana longsor yang terjadi di wilayah binaanya menuturkan bahwa, warga terpaksa diungsikan akibat bencana yang terjadi pada Sabtu, (18/12/2020).




“Warga dari 6 rumah yang dihuni oleh 8 KK dengan jumlah anggota keluarga sebanyak 27 orang dari RT 06/RW 02 terpaksa diungsikan karena kondisinya terisolir akibat akses jalan masuk komplek pemukiman tertutup material longsor, posisi mereka saat ini mengungsi ke tempat yang lebih aman yaitu di salah satu bangunan Madrasah Diniah yang berada di RT 07/RW 02 dusun setempat.





Selanjutnya ada juga 3 rumah yang berada di wilayah tersebut hanya beda lokasi posisinya terancam longsor karena berdekatan dengan tebing yang longsor sehingga sebanyak 4 KK dengan jumlah keluarga sebanyak 16 orang juga turut dievakuasi beserta beberapa barang berharga dan beberapa kebutuhan sehari-hari," ungkapnya.




Ditambahkan Sertu Sebo Kahono,” dalam kejadian ini sampai dengan Senin (21/12/2020) dapat dilaporkan korban jiwa nihil, kerugian materi sebagian tanah milik warga tergerus longsor dan 3 rumah posisinya terancam bila terjadi longsor susulan. Kejadian ini sudah dilaporkan pihak desa ke kecamatan. Kebutuhan logistik pengungsi sementara tertangani dari bantuan pemerintah dan bantuan beberapa sukarelawan serta donatur,” pungkasnya.


(Fery pdm / Iwan )