Monday, December 20, 2021, 12/20/2021 01:20:00 PM WIB
Last Updated 2021-12-20T08:00:46Z
NEWS

Silaturahmi Girli, Ismawan Setyo Handoko Ajak Generasi Muda Peduli Lingkungan

Advertisement
Ismawan ketika foto bersama para pemuda

Banjarnegara, Berita Global.net – Ismawan Setya Handoko Ketua DPRD Banjarnegara mengajak generasi muda untuk meningkatkan kepedulian lingkungan, melalui penanaman seribu pohon. Himbauan tersebut disampaikannya saat membuka acara Silaturahmi Pinggir Kali (Girli), memperingati Hari Menanam Sedunia di basecamp tubing Curug Blimbing Adventure Desa Blambangan, Kecamatan Bawang.




Ismawan mengatakan bahwa, pemuda harus mengambil peran dalam mendukung penghijauan untuk menanggulangi bencana alam. Menurutnya, saat ini marak dibicarakan mengenai isyu pemanasan global dan ini butuh kesadaran manusia, utamanya generasi muda. Karena orang mudalah yang bisa berbuat banyak.




"Kondisi alam semakin memprihatinkan, perubahan iklim sangat berpengaruh terhadap berkembangnya sejumlah penyakit dan timbulnya bencana. Saya harapkan pemuda Banjarnegara semkin peduli lingkungan, antara lain dengan giat menanam pohon,” katanya.minggu (19/12/2021).




Ismawan menambahkan, bahwa peran pemuda, yang dimotori oleh komunitas pecinta alam, pramuka dan pelajar sangat diperlukan. Selain menanam pohon, upaya yang bisa dilakukan untuk meminimalisasi kerusakan lingkungan yakni dengan berhemat energi dan menggunakan bahan bakar ramah lingkungan.






“Mari kita menjadi penggerak untuk mengindari budaya konsumtif dengan selektif dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari sehingga tidak berdampak negatif terhadap lingkungan,” ajaknya.




Ditempat sama Kuat Hery Isnanto, panitia dari Kelompok Masyarakat (Pokmas) d’Kuwondogiri, Kegiatan silaturahmi pinggir kali terwujud berkat kerjasama antara Pokmas d’Kuwondogiri dan Curug Blimbing Adventure Blambangan. Acara dimulai sejak pagi, yang diikuti lebih 40 kelompok pecinta alam dan pramuka unsur lintas sektor. Rangkaian acara meliputi penanaman 1000 pohon, tabur 7000 benih ikan, dan uniknya, ngobrol santai tentang lingkungan pinggir Kali Blimbing.




“Harapan kami kegiatan ini bisa menjadi awal dari masyarakat dan generasi muda untuk cinta lingkungan. Dengan dasar silaturahmi ini terbentuk sebuah komunikasi untuk bersama-sama menciptakan kelestarian lingkungan, khususnya di sekitar sungai belimbing,” harapnya.