Monday, January 24, 2022, 9:00:00 AM WIB
Last Updated 2022-01-24T02:02:07Z
NEWS

Predator Pemakan Ternak Warga Kaligondang Akhirnya Berhasil Tertangkap, Ternyata Panjangnya 185 Centimeter

Advertisement
Seekor biawak seberat 17 kilogram dan panjang 185centimeter pemakan ternak warga Kaligondang


Purbalingga, Berita Global.net – Beberapa Minggu terakhir warga Desa Cilapar, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, resah akibat beberapa hewan ternak seperti ayam maupun itik hilang secara misterius.


Setelah melalui pengintaian yang dilakukan oleh beberapa warga desa tersebut, ternyata seekor biawak yang biasa hidup di perairan sungai atau dalam bahasa latinnya disebut varanus salvator teridentifikasi sebagai biang kerok penyebab hilangnya ayam dan itik milik warga desa tersebut.




Kejadian inipun segera dilaporkan Iin Isnaeni, salah satu warga Desa Cilapar yang sering mengalami kehilangan ayam dan itiknya kepada Koramil 02/Kaligondang. Tim dari Koramil yang dipimpin oleh Serda Aliyanto bersama warga sejak Jumat, (21/1/2022) hingga Minggu, (23/1/2022) menyisir aliran Sungai Ranu yang melintasi desa tersebut.





Alhasil pada Minggu sekira pukul 09.00 WIB keberadaan biawak yang biasa memakan hewan ternak terdeteksi keberadaanya dan aksi penangkapan hewan tersebut segera dilaksanakan.




"Sekira pukul 12.00 WIB telah berhasil kita tangkap biawak seberat 17 Kg dan panjang 185 Cm yang biasa memakan hewan ternak warga," kata Serda Aliyanto menjelaskan.




Atas upaya yang dilaksanakan Koramil 02/Kaligondang bersama masyarakat Desa Cilapar turut mendapat apresiasi dari Kades Cilapar Somlikhun.




"Terima kasih kepada Tim dari Koramil 02/Kaligondang yang telah membantu warga kami menangkap biawak yang telah meresahkan warga kami, masyarakat kini telah merasa tenang kembali," ungkapnya.