Friday, May 27, 2022, 5/27/2022 10:45:00 PM WIB
Last Updated 2022-05-27T15:45:26Z
NEWSPARIWISATA

Galeri Industri Kayu Resmi Dibuka, Upaya Untuk Kembalikan Pangsa Pasar Dunia

Advertisement


Laporan: Sri Wahyuni | Kontributor Ngawi

Editor: Budi Santoso


NGAWI - Dengan inovasi, sumber daya alam dan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni serta  dukungam pemerintah, pasti akan mampu memenangkan pasar industri kayu dunia. Demikian disampaikan Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, di acara pembukaan Galeri Industri Kayu Ngawi di jalan Raya Ngawi - Solo Desa Jenggrik Kecamatan Kedunggalar, Jumat (27/05/22).


Turut hadir dalam acara ini, Ketua  Dekranasda Ngawi, Ana Mursyida Ony Anwar, Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Tenaga Kerja Yusuf Rosyadi bersama Camat Kedunggalar.


Selain digunakan sebagai workshop, menurut Ony Anwar Harsono galeri ini bisa menjadi tempat berkumpulnya perajin untuk berdiskusi, mencari informasi, menciptakan inovasi model produk terbaru.


"Sebagai tempat untuk silaturahmi, berkumpul, brainstorming bareng,  dan menjadi tempat kurator produk unggulan kita, supaya memiliki kualitas model yang update untuk meningkatkan value,” ujarnya.


Disebutkan Bupati Ngawi,  bahwa hal terpenting dalam memenangkan industri kayu adalah inovasi, baik model maupun cara pemasarannya, dan anak muda menjadi gudang inovasi.


 "Anak - anak muda banyak memiliki pemikiran maju, rangkul mereka, kolaborasi dan sinergikan. Sehingga  pola pemasaran produk unggulan kita menjadi ekstra ordinary, seperti marketingnya dibuat di space expo bisa dikemas di hutan, kemudian ada rutinitas sehingga akan jauh lebih menarik," tuturnya. 


Sementara Kadin Disperindagnaker, Yusuf Rosyadi mengungkapkan sebelum Pandemi Covid-19 pangsa pasar industri kayu Ngawi sudah merambah 23 negara, dan pasca pandemi ini menjadi momentum bangkitnya ekonomi dengan kembali memasarkan produk dengan kualitas terbaik.


"Saat ini menembus 23 negara seperti Jerman, Timur Tengah, dan Asia. Pangsa pasar yang dibangun sebelum pandemi jangan sampai kita kehilangannya momentum, sehingga pasar itu dapat kita ambil lagi," tandasnya.


Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan pengukuhan pengurus Papinkra dan Paguyuban PKL.(*)