Sunday, June 12, 2022, 10:50:00 PM WIB
Last Updated 2022-06-12T15:50:59Z
NEWS

Antisipasi PMK, Bhabinkamtibmas Polsek Karanganyar Lakukan Ini

Advertisement


Laporan: Sri Wahyuni


NGAWI,BeritaGlobal.net - Polsek Karanganyar melakukan sosialisasi dan pemasangan pamflet tentang cara pemeliharaan hewan ternak berkuku genap atau belah yang benar agar terhindar dari penyakit mulut dan kuku (PMK) kepada peternak sapi di Dusun Mengger.


Sosialisasi dan pemasangan pamflet tersebut dilaksanakan pada Minggu 12 Juni 2022 oleh  Bhabinkamtibmas Desa Mengger dengan mendatangi peternakan sapi milik Parni di Dusun Mengger RT 02 RW 02, Desa Mengger, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Ngawi.


Dikonfirmasi tentang kegiatan tersebut, Kapolsek Karanganyar AKP Supardi mengatakan, kegiatan sosialisasi dan pemasangan pamflet tersebut dilaksanakan agar peternak sapi memahami cara penanganan dan antisipasi dini terhadap PMK yang menyerang hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing dan domba.


Selain itu, AKP Supardi berharap, dengan diadakannya kegiatan sosialisasi dan pemasangan pamflet tersebut, peternak juga dapat mengetahui dan mengerti tentang ciri-ciri hewan yang terjangkit penyakit PMK serta mampu mengatasinya dengan pendampingan dari petugas kesehatan hewan terdekat.


"Pada saat kunjungan ke peternakan sapi milik ibu Parni ini, kita sampaikan langkah-langkah menghadapi wabah penyakit PMK yang menyerang hewan ternak berkuku genap atau belah dalam rangka mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) di wilayah Kecamatan Karanganyar," ujar AKP Supardi.


Lebih lanjut, mantan Kasihumas Polres Ngawi ini menyampaikan bahwa setelah dilakukan pengecekan hewan ternak sapi milik Parni dalam kondisi sehat, namun menghimbau agar peternak meminta pendampingan petugas kesehatan hewan terdekat agar kondisi kesehatan ternaknya tetap terjaga.


Sementara itu, Parni selaku pemilik peternakan sapi mengaku sangat berterimakasih dengan adanya sosialisasi ini dirinya kini merasa paham tentang bagaimana cara menjaga kebersihan kondisi kandang maupun hewan ternaknya agar terhindar dari penyakit menular pada hewan tersebut.


"Saya selaku pemilik kandang sapi secara pribadi merasa bersyukur karena bapak-bapak petugas kepolisian dari Polsek Karanganyar ini telah memberikan semacam pengetahuan tentang bagaimana cara pemeliharaan serta menjaga kebersihan ternak dan kandang agar terhindar dari penyakit mulut dan kuku," tandas Parni.(*)