Monday, August 15, 2022, 3:40:00 PM WIB
Last Updated 2022-08-15T08:48:33Z
PENDIDIKAN

Antisipasi Bullying Di Lingkup Sekolah, SMP N 2 Salatiga Tanda Tangani Fakta Integritas Anti Bullying

Advertisement



Laporan: Fera Marita




Salatiga, BeritaGlobal.net - Maraknya kasus-kasus bullying yang terjadi di kalangan pelajar akhir-akhir ini membuat pihak SMP N 2 Salatiga berinisiatif membuat fakta integritas anti bullying yang akan ditanda tangani oleh seluruh guru dan siswa SMP N 2 Salatiga.


Bertempat di lapangan upacara SMP N 2 Salatiga, penandatanganan fakta integritas anti bullying ini juga dihadiri oleh ketua DPRD Salatiga, Dance Ishak Palit, pada Senin ( 15/8/22 ) bertepatan dengan upacara peringatan hari pramuka.


Mudjiati, Kepala Sekolah SMP N 2, memaparkan bahwa perundungan atau bullying baik verbal maupun fisik banyak terjadi di sekitar pelajar yang masih berusia remaja ini. 


"Banyak sekali kita temui perundungan baik fisik maupun verbal dikalangan remaja. Mereka kebanyakan bermedia sosial secara tidak sehat seperti kurang berhati-hati dalam mengunduh maupun mengunggah sesuatu di media sosial baik itu di WA, IG maupun FB yang bisa mengakibatkan terkena UU ITE," papar Mudjiati.


Melihat fenomena tersebut, pihak SMP N 2 melakukan komitmen dan janji bersama di lingkup civitas sekolah agar tidak terjadi bullying baik fisik maupun verbal.


Mudjiati menambahkan bahwa selama ini pihak SMP N 2 Salatiga selalu menekankan kepada seluruh siswanya untuk tidak melakukan perundungan, baik itu saat upacara maupun dalam kegiatan belajar mengajar.


"Ada banyak permainan-permainan yang kita terapkan dalam pembelajaran  untuk menginternalisasi agar anak tidak melakukan perundungan dan bisa bermedia sosial secara bijak," imbuh Mudjiati.


Sementara itu ketua DPRD Salatiga, Dance Ishak Palit, menegaskan bahwa anti bullying ini merupakan hal yang harus ditekankan kepada siswa.


"Saat ini bullying sudah sering terjadi. Apalagi media yang saat ini dipakai anak-anak adalah media yang gampang yaitu media sosial. Siapa pun bisa melakukan bullying. Dan sekolah perlu menekankan kepada siswanya untuk berhenti melakukan bullying," pungkas Dance. ( Fe )