Monday, August 22, 2022, 1:59:00 PM WIB
Last Updated 2022-08-22T06:59:39Z
NEWS

Penuhi Layanan Kesehatan, Lapas Semarang Beri Pemeriksaan Kesehatan Massal bagi Narapidana

Advertisement

 



Semarang,BeritaGlobal.net - Pengobatan gratis diberikan kepada narapidana dan petugas di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Semarang dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika ke-77 Tahun 2022, Senin (22/08).


Pengobatan dan pemeriksaan kesehatan ini dilakukan bertujuan untuk menjaga kondisi fisik narapidana saat berada di lapas agar tetap sehat dan prima.


Pemeriksaan melingkupi pengecekan Hipertensi dan Tiberculosis (TB) serta gejala kesehatan lainnya. Selain itu juga dilakukan pemeriksaan gigi, cabut gigi dan pemeriksaan mata. Tak hanya itu, pemeriksaan kesehatan psikis atau kejiwaan juga dilakukan.


Kegiatan ini dapat berjalan dengan baik atas kerjasama yang baik antara Lapas Semarang dengan Yayasan Harvey Movement.


Kalapas Semarang, Tri Saptono Sambudji mengaku terharu atas respon yang baik dari Yayasan Harvey Movement atas kepedulian kesehatan narapidana dan petugas di lapas.


"Apresiasi yang sangat luar biasa untuk Yayasan Harvey Movement yang mau peduli dengan kesehatan narapidana maupun petugas di Lapas Semarang," ungkap Tri Saptono.



"Tentunya narapidana sangat senang sekali, mereka sangat antusias untuk jalani pemeriksaan kesehatan gratis ini," lanjutnya. 


Kemenkumham melaksanakan rangkaian kegiatan menyambut Hari Dharma Karya Dhika 2022, di Lapas Semarang mengaplikasikan pelayanan publik dengan pengobatan massal dan gratis tidak dipungut biaya.


"Kita bangga, apalagi itu merupakan kebutuhan primer narapidana dan yang dibutuhkan untuk saat ini," ucap Kalapas.


Salah satu narapidana, Ridho mengungkapkan rasa senang karena diberikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis.


"Alhamdulillah saya bisa periksa mata, karena sudah lama mata minus sehingga untuk melihat kurang jelas. Dan bersyukur dapat kacamata gratis," ungkap terpidana Narkoba 5 tahun tersebut.


Selain pemeriksaan gratis, juga diberikan vitamin, obat-obatan, pembagian kacamata, pembagian peralatan mandi dan pembagian makanan serta minuman bagi seluruh narapidana di Lapas.