Friday, August 26, 2022, 3:57:00 PM WIB
Last Updated 2022-08-26T08:57:31Z
NEWS

Wakil Walikota Semarang Panen Hasil Perkebunan dan Perikanan Napi Lapas Semarang

Advertisement

 



Semarang,BeritaGlobal.net - Wakil Walikota Semarang, HeBeritaGlobal.netti Rahayu beserta jajaran melaksanakan kunjungan dalam rangka kegiatan panen raya hasil perkebunan dan perikanan yang dihasilkan dari narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang, Jumat (26/08).

Hevearita sangat mengapresiasi adanya acara panen bersama ini dan  menyampaikan bahwa adanya acara panen raya ini sangat penting dilakukan di lapas, agar para narapidana mendapatkan ilmu di bidang pertanian dan perikanan. 

“Harapannya narapidana paham dalam melakukan penanaman bibit buah dan sayuran serta dalam memanfaatkan hasil dari adanya panen buah dan sayuran,” ungkap Hevearita.

“Sama halnya di bidang perikanan, dari mulai memijah benih ikan lele sampai dengan indukan ikan lele yang siap untuk diolah/dipasarkan. Sehingga meningkatkan kemandirian akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan implementasinya dapat dilakukan diluar nantinya,” lanjutnya.

Wakil Walikota juga akan bantu memfasilitasi hasil panen narapidana untuk dapat dipasarkan di masyarakat umum melalui bantuan Dinas terkait tentunya.



Sementara, Kalapas Semarang Tri Saptono Sambudji menjelaskan bahwa adanya kegiatan panen bersama ini bertujuan untuk membentuk keterampilan para narapidana di bidang pertanian dan perikanan.

“Narapidana dilatih untuk dapat melakukan penanaman bibit buah dan sayuran mulai dari penanaman sampai dengan pemanenan, begitu juga di bidang perikanan,” jelas Kalapas.

“Kegiatan ini bisa diimplementasikan nantinya dalam masyarakat setelah selesai menjalani masa pidana di lapas agar bisa menjadi pribadi yang bermanfaat dan tidak mengulangi tindak pidana lagi,” harapnya.

Kegiatan panen bersama ini dimulai dengan pemetikan buah seperti buah tomat, timun suri, dan pemetikan sayuran seperti sayur kangkung, pare, sawi,dan buncis. Kegiatan dilanjutkan meninjau Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) Lapas Semarang untuk melakukan penanaman bibit pohon pisang pemberian dari Wakil Walikota Semarang.