Tuesday, September 6, 2022, 2:39:00 PM WIB
Last Updated 2022-09-06T07:57:41Z
NEWS

Rutan Salatiga Bersama Dinas Kesehatan Kota Salatiga Melaksanakan Program Vaksinasi Kepada Warga Binaan

Advertisement




 SALATIGA,BeritaGlobal.net - Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Salatiga kembali adakan vaksin bagi Warga Binaan dan VCT yang diikuti oleh seluruh Tahanan dan Narapidana berjumlah 160 Orang. Selasa (06/09).



Kepala Rutan Salatiga Andri Lesmano mengatakan bahwa dalam rangka mempercepat dan mensukseskan program pemerintah Rutan Salatiga bersama Dinas Kesehatan Kota Salatiga melaksanakan program vaksinasi kepada warga binaan baik yang belum divaksin sama sekali maupun yang belum vaksin dua ataupun booster dengan jumlah yang belum 40 Orang  ujarnya.


Andri berujar dengan telah dibukanya kunjungan secara langsung atau tatap muka, salah satu syarat adalah sudah divaksin, maka bagi warga binaan apalagi tahanan baru yang belum divaksin pada kesempatan kali ini bisa mengikuti program vaksin. Sehingga nantinya mereka bisa dikunjungi secara tatap muka dengan keluarga.



 Dalam kegiatan hari ini juga dilakukan cek kesehatan serta VCT bagi seluruh warga binaan guna deteksi dini HIV bersama Dinas Kesehatan dalam hal ini Puskesmas Sidorejo dan Komisi Penanggulangan Aids Kota Salatiga.


Sementara itu Ketua Tim Puskesmas Sidorejo dr Wawan Satya menambahkan bahwa kegiatan Vaksin sebagai langkah bahwa Tahanan dan Narapidana juga harus mendapat vaksin walaupun didalam Rutan tetap terlindungi, sehingga saat bebas nanti mereka sudah mendapat vaksin. Selain itu kegiatan skrining VCT juga sebagai langkah-langkah deteksi dan antisipasi adanya penghuni yang menderita  HIV Aids sehingga apabila ada penghuni yang menderita bisa terskrining dan dilakukan langkah-langkah lanjutan. pungkasnya.