Tuesday, October 11, 2022, 4:21:00 PM WIB
Last Updated 2022-10-11T09:22:36Z
NEWS

Kodim 0714/Salatiga Kembali Gelar TMMD Sengkuyung Tahap III Di Kota Salatiga Dan Kabupaten Semarang

Advertisement

 



Laporan: Widodo


SALATIGA,BeritaGlobal.net - Program unggulan TNI AD yang dikemas dalam TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun Anggaran 2022 Kodim 0714/Salatiga di buka secara langsung oleh Pj Walikota Salatiga Drs. Sinoeng Noegroho Rachmadi, MM yang di dampingi oleh Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E. M. Si.


Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap III yang dilaksanakan di Lapangan Jayenggrono Kauman Kidul Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga ini selain di hadiri oleh Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana, SH. SIK, M. Si,dan Kasiter Korem 073/Makutarama turut pula di hadiri oleh Jajaran Forkopimda Kota Salatiga,serta Forkopicam Sidorejo.Selasa(11/10)


Program TMMD Sengkuyung Tahap III Kodim 0714/Salatiga digulirkan di dua wilayah yaitu Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang ini mengusung tema "TMMD DEDIKASI TERBAIK MEMBANGUN NKRI"ini sebagai bukti nyata kemanunggalan TNI untuk kesejahteraan masyarakat.


Penandatanganan naskah kerjasama pelaksanaan TMMD yang dilakukan oleh Dandim 0714/Salatiga dan PJ Walikota serta pemukulan kentongan menandai dimulai nya pelaksanaan program unggulan TNI ini.


Pj Walikota dalam sambutannya memberikan Apresiasi yang tulus kepada Komandan Kodim 0714/Salatiga beserta segenap jajarannya. Terima kasih atas pelaksanaan TMMD diwaktu-waktu sebelumnya, yang telah berjalan lancar, tepat sasaran, tepat guna, dan tepat manfaat.


"Sebagaimana kegiatan yang rutin dilaksanakan sejak lama program TNI Manunggal Membangun Desa sangat kita rasakan manfaatnya tak hanya dalam mempercepat pelaksanaan pembangunan Kota dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Salatiga, tetapi TMMD juga telah berperan dalam mempererat dan kemanunggalan TNI-Rakyat, menumbuh suburkan sikap gotong royong sebagai jati diri bangsa"ujar Sinoeng.


Jalan dan jembatan semakin memadai sehingga aksesibilitas dan mobilitas semakin lancar, sarana prasarana fasilitas umum juga semakin baik. Ditambah dengan pembangunan non fisik yang difokuskan pada peningkatan kualitas kesehatan serta keterampilan masyarakat. 


"Untuk itu, supaya kita dapat mengoptimalkan sinergi lintas sektor, termasuk kepada Camat, Lurah, Danramil, Babinsa, serta seluruh warga Batur Kauman Kidul, saya minta agar dapat turut nyengkuyung. Sayuk rukun mbangun bebarengan, baik sasaran fisik maupun non fisik, sehingga TMMD Sengkuyung III dapat berjalan lancar"ajak Pj Walikota tersebut.


TMMD Sengkuyung III dilaksanakan dilingkungan Batur RT 03 RW 01 Kauman Kidul, mulai tanggal 11 Oktober sampai dengan 9 November 2022. Terdiri dari pembangunan fisik, berupa pembangunan jalan dengan panjang 300 meter, lebar 2,5 meter, dan ketebalan 15 cm. Ditambah dengan pembangunan non fisik melalui kegiatan yang dapat mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat, seperti stunting, posyandu, posbindu PTM dan KB Kesehatan.


Di Kabupaten Semarang pelaksanaan upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap III tahun 2022 digelar di Lapangan Dusun Kembang Kerep Desa Sendang Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang dibuka secara langsung oleh Bupati Semarang H. Ngesti Nugraha, SH, MH yang di dampingi pula oleh Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E. M. Si jajaran Forkopimda kabupaten Semarang serta Forkopicam Bringin.


Alhamdhulillah, hari ini Spirit kegotongroyongan dan kebersamaan kembali kita teguhkan dalam suatu aksi nyata melalui TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III TA 2022.Hal tersebut disampaikan Bupati Semarang di awal sambutannya.


"Program TMMD telah menjadi bagian dari cara merawat dan mengikat kebersamaan serta kegotong royongan untuk mengatasi persoalan persoalan kebangsaan kita hari ini,Sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta Pemerintah Pusat dan Daerah melalui TMMD seperti inilah menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai isu/persoalan terkini dengan solusi"pungkasnya.

Ngesti juga mengajak Melalui TMMD ini, mari kita gelorakan lagi semangat kolektifitas, kerja-kerja kolosal serta persatuan dan kesatuan seluruh elemen masyarakat yang ada. Mari kita bangun sarana prasarana, fasilitas umum dan sosial yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat desa.


"TMMD kali ini bisa disisipkan aneka program yang menggugah keIndonesia-an kita, wawasan kebangsaan dan nilai-nilai nasionalisme. Ini penting mengingat maraknya hoaks, perundungan (bullying) dan ujaran kebencian yang muncul di tengah kehidupan kita dan berpotensi memecah belah bangsa."tegasnya


TMMD Sengkuyung Tahab III Tahun 2022 berlokasi di Dusun Kembang Kerep Desa Sendang Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang.Kegiatan Pra-TMMD dilaksanakan selama 10 hari pada tanggal 1 s.d. 10 Oktober 2022.Kegiatan Sengkuyung III Tahun 2022 dilaksanakan selama 30 Hari mulai tanggal 11 Oktober s.d 11 November 2022.


Sasaran Pokok,Betonisasi jalan penghubung Desa sendang, Desa Lebak, Desa Banding Kecamatan Bringin dengan Panjang : 646 5 m Lebar : 3 m Tebal : 15 cm.


Sasaran non Fisik berupa penyuluhan meliputi,Wawasan Kebangsaan dari Kodim 0714/Salatiga,Narkoba, Miras dan HIV/AIDS dari Polres Semarang,Penanganan Stunting dari DP3AKB Kab. Semarang dan Sosialisasi Tanggap Bencana dari BPBD Kab. Semarang.