Wednesday, November 23, 2022, 2:26:00 PM WIB
Last Updated 2022-11-23T07:26:13Z
NEWSSEMARANG

Atasi Stres, Lapas Semarang Gelar Pelatihan Manajemen Stres Bagi Narapidana

Advertisement

 

Istimewa 


Laporan: Widodo


SEMARANG,BeritaGlobal.net - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang menggelar seminar pelatihan menanggulangi stres bagi narapidana, Rabu (23/11).


Pelatihan ini diikuti oleh 30 narapidana dengan berbagai macam latar belakang asal, usia dan kasus.


Kegiatan ini dapat berjalan dengan baik karena kerjsama yang baik antara Lapas Semarang dengan Jurusan Psikoterapi Univesitas Islam Negeri Walisongo Semarang dan Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.


Kalapas Semarang, Tri Saptono Sambudji mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu wujud implementasi pengabdian mahasiswa yang telah menjalankan kegiatan praktik lapangan selama tiga bulan.


"Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya stres, apalagi dengan status narapidana. Dengan pelatihan ini, narapidana bisa lebih mengontrol diri dalam hal pengendalian stres," jelas Tri Saptono.


"Harapannya kegiatan ini dapat berkelanjutan karena masih banyak narapidana yang membutuhkan terapi ini,” harap Kalapas.

Sementara, Tantri selaku perwakilan mahasiswa menjelaskan bahwa permasalahan mental yang dipicu stres juga akhirnya akan berdampak pada kesehatan fisik dan sosial. 


"Mengatasi masalah juga sangat bermanfaat untuk mencegah gangguan kesehatan yang mungkin akan ditimbulkan," jelas Tantri.


Salah satu narapidana yang mengikuti pelatihan ini mengaku senang bisa mendapat bekal pelatihan manajemen stres di Lapas.


"Senang bisa mengikuti kegiatan ini, selain dapat mengurangi tingkat stres saat menjalani pidana, juga dapat mengendalikan rasa kecemasan saya,” ungkap Ryan terpidana narkoba 5 tahun tersebut. (*)