Saturday, November 19, 2022, 7:13:00 PM WIB
Last Updated 2022-11-19T12:13:21Z
KENDALNEWS

Resah DenganTidak Adanya Perubahan di Kendal, LSM dan Ormas Se Kabupaten Adakan Rapat Akbar

Advertisement



Laporan: A.H Khozin 


KENDAL,BeritaGlobal.net - Resah dengan kondisi Kendal yang tidak ada perubahan, Puluhan Lembaga Swadaya Masyarakat ( LSM) dan Organisasi Masyarakat (Ormas) se-Kabupaten Kendal mengadakan rapat akbar di salah satu rumah makan di jalan Soekarno Hatta, Sabtu 19/11/22.


Rapat yang di hadiri 35 ketua dari masing-masing lembaga tersebut merumuskan beberapa agenda, diantaranya adalah menyoroti tentang kinerja pemerintah Kendal, Salah satunya adalah soal anggaran, baik itu dari daerah, Banprof maupun dari pusat.


Menurut Abdul Rokhim SH, yang ditunjuk selaku Kordinator berpendapat bahwa, Pemerintahan daerah yang sekarang ini belum terlihat adanya perubahan yang signifikan, padahal masyarakat termasuk didalamnya LSM dan Ormas menginginkan adanya perubahan secara cepat dan signifikan.


"Ormas dan LSM merupakan perwujudan dari berlangsungnya masyarakat sipil yang berfungsi sebagai sosial kontrol, perlu adanya pengawasan bersama, agar kendal lebih maju dan kendal lebih handal," tandasnya.


"Masing-masing lembaga yang hadir telah menginventarisir usulan yang sudah dituangkan dalam bentuk draf, terkait item yang menjadi sorotanya," paparnya.


Pandangan berbeda justru disampaikan oleh Ketua LSM MPPH Khumaedi SH, Pihaknya justru berharap pergerakan ini tetap pada rule of game nya, tidak hanya bisa mengkritik dan mengatakan salah, tanpa memberikan solusi.


Selain itu perlunya komunikasi dengan berbagai pihak, agar pergerakan ini tidak mengganggu kinerja Pemerintah Daerah, dan bila menemukan sebuah permasalahan atau temuan dalam suatu wilayah, maka kwajiban LSM untuk melakukan pendampingan.


"Bila ditingkat daerah terjadi kebuntuan (dalam hal penindakan hukum,red) dan tidak bisa ditangani sampai Jawa tengah, teman-teman bisa lari ke pusat, misal ke KPK, ke Presiden atau ke Mabes Polri," tutupnya.(*)