Friday, November 25, 2022, 2:00:00 PM WIB
Last Updated 2022-11-25T07:00:30Z
NEWSSALATIGA

Sehat Jasmani dan Sehat Rohani Warga Binaan, Jadi Program Utama Hari Jumat Rutan Salatiga

Advertisement


Laporan: Widodo


SALATIGA, BeritaGlobal.net - Ratusan Warga Binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Salatiga mengikuti kegiatan Jumat Sehat bersama. Jumat (25/11).


Kepala Rutan Salatiga Andri Lesmano mengatakan bahwa jumat Sehat merupakan salah satu program pembinaan di Rutan Salatiga yang dibagi menjadi dua sesi. "Sesi yang pertama Sehat Jasmani dan sesi yang kedua sehat Rohani," ucapnya.


Andri menjelaskan bahwa dengan keterbatasan tempat di Rutan ini bukan menjadi alasan untuk tidak memberikan program pembinaan bagi warga binaan. Dengan memanfaatkan selasar antara blok hunian dan kantor menjadi tempat utama pelaksanaan kegiatan di Rutan.


"Kami terus berupaya memaksimalkan tempat yang ada, termasuk pada kesempatan sesi pertama ini kami beri tema Sehat Jasmani. Warga Binaan mengikuti senam sehat bersama instruktur senam dari luar," jelasnya.

Selanjutnya pada sesi kedua dengan istilah Sehat Rohani, Rutan Salatiga memberikan siraman rohani, kajian keagamaan dan membaca yasin tahlil bersama bagi warga binaan yang beragama Islam.


Andri menambahkan kegiatan hari ini ditutup dengan Sholat Jumat bersama yang juga dilaksanakan diselasar serba guna Rutan dan sholat gaib untuk korban gempa Cianjur.


"Dalam kegiatan hari ini ditutup dengan sholat Jumat, kami juga melaksanakan sholat Ghaib berjamaah dan serentak selepas sholat Jumat, sesuai dengan edaran dari Kementerian Agama," pungkasnya.(*)