Sunday, November 6, 2022, 8:45:00 AM WIB
Last Updated 2022-11-06T01:45:11Z
NEWS

SMPIT Izzatul Islam Getasan Laksanakan PKKS

Advertisement

 

Istimewa


Laporan: Widodo


KABUPATEN SEMARANG,BeritaGlobal.net – Sabtu (5/11), dua pengawas SMP Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikbudpora) Kabupaten Semarang, Drs. Rohmad, M.Pd.I. dan Tri Astuti Ari Winarti, M.Pd. berkunjung ke SMPIT Izzatul Islam Getasan. Kunjungan ini dalam rangka melaksanakan tugas dari Kepala Disdikbudpora guna melakukan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS).


PKKS digelar rutin setiap tahun untuk memperoleh data tentang pelaksanaan tugas pokok, fungsi, dan tanggungjawab kepala sekolah pada sekolah yang dipimpin. Hasil refleksi dari kegiatan ini diharapkan bisa dirumuskan rencana tindak lanjut guna kemajuan satuan pendidikan tersebut.


Rohmad, selaku Pengawas SMP yang menilai mengatakan bahwa kegiatan ini tidak fokus untuk mencari kesalahan melainkan sebagai sarana untuk mengevaluasi bersama pelaksanaan standar pendidikan di sekolah. Karena PKKS ini berbasis data atau dokumen, maka kami sebelumnya meminta kepada kepala sekolah dibantu guru untuk mempersiapkannya. 


“PKKS ini tidak fokus pada mencari kesalahan melainkan mencari praktik baik dan solusi untuk kemajuan sekolah lebih-lebih bagi kepala sekolah sebagai pemimpin. Kami akan kroscek secara langsung pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah berbasis dokumen dan wawancara,” papar Rohmad.


Secara umum, kegiatan PKKS berjalan lancar mulai upacara pembukaan, bedah kompetensi, dan refleksi. Kegiatan ini melibatkan beberapa guru dan tenaga kependidikan saja karena di saat yang sama proses pembelajaran tetap berlangsung.


Tri Astuti Ari Winarti, yang juga Pengawas SMP memberikan apresiasi kepada kepala sekolah dan guru di SMPIT Izzatul Islam yang cekatan dan smart melaksanakan PKKS ini. Namun beliau juga berpesan agar setiap program yang terlaksana di sekolah bisa terdokumentasi dengan baik. Mulai dari perencanaan sampai evaluasi dan rencana tindak lanjut.


“Alhamdulillah, PKKS berjalan lancar. Bapak-Ibu gurunya sangat cekatan dan smart. Kami menemukan praktik baik dari kepala sekolah tentang adanya reward dan punishment untuk guru serta tenaga kependidikan. Tolong semuanya terdokumentasikan dengan baik dan disusun SK dari kepala sekolah,” pungkas Bu Wiwin sapaan akrab Tri Astuti Ari Winarti.

Kepala SMPIT Izzatul Islam Getasan yang baru menjabat empat bulan di semester ini, Sujito Arif Ariyanto mengucapkan terima kasih kepada Pengawas SMP yang selalu mendampingi, memonitoring, dan memberikan masukan kepada sekolah. Kegiatan ini akan meningkatkan kinerja civitas sekolah dalam hal administrasi.


“Kami sangat berterima kasih dengan adanya PKKS ini. Tentu akan sangat bermanfaat bagi kami, lebih-lebih dalam hal administrasi dan pengarsipan. Kami mengakui masih lemah dalam dokumentasi meskipun berbagai program terlaksana dengan baik. Kami berkomitmen akan meningkatkan kinerja kami lebih baik lagi di masa mendatang,” kata Sujito Arif Ariyanto.


Adapun kompetensi kepala sekolah yang dikroscek, yaitu kompetensi kepribadian dan sosial, kepemimpinan, pengembangan sekolah, pengelolaan sumber daya, kewirausahaan, dan supervisi. Acara ini terlaksana selama kurang lebih tiga jam. Acara dibuka pada pukul 09.30 WIB dan selesai pada pukul 12.30 WIB. (*)